terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Begini Pemandangan Matahari Terbenam dari Luar Angkasa - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Begini Pemandangan Matahari Terbenam dari Luar Angkasa
Jul 1st 2024, 07:52, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Matahari terbenam dari luar angkasa sungguh indah. Foto: ESA-A.Gerst
Matahari terbenam dari luar angkasa sungguh indah. Foto: ESA-A.Gerst

Kamu pernah membayangkan bagaimana pemandangan Matahari terbenam jika dilihat di luar angkasa? Apakah seindah lembayung senja yang ada di Bumi.

Enggak semua orang bisa pergi ke luar angkasa, tapi untungnya para astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil mengambil foto momen Matahari terbenam yang terlihat di luar angkasa, memberi perspektif baru tentang senja kepada kita.

Salah satu gambar Matahari terbenam paling spektakuler di luar angkasa ditangkap oleh astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) dan ahli geofisika, Alexander Gerst, selama tugas di ISS sebagai bagian dari misi Horizons.

Dalam gambar yang diambil pada 18 Oktober 2018, awan di atmosfer Bumi terlihat diterangi warna jingga kemerahan saat Matahari terbenam, sementara langit malam terlihat merayap di belakangnya.

Ini bukanlah satu-satunya gambar spektakuler dari Matahari terbenam yang pernah diambil astronaut. Gambar lain yang diambil oleh anggota kru Eksperdisi 49 NASA pada 2016 memperlihatkan pemandangan warna merah kekuningan seperti api yang menyala di atas atmosfer Bumi saat senja menghampiri Atlantik Selatan.

Di atas ISS, matahari terbenam terlihat membara. Johnson Space Center/ISS Crew Foto: Johnson Space Center/NASA, ISS Crew
Di atas ISS, matahari terbenam terlihat membara. Johnson Space Center/ISS Crew Foto: Johnson Space Center/NASA, ISS Crew

Garis oranye merah terang itu berada di dalam troposfer, lapisan terendah atmosfer Bumi dan rumah bagi awan, asap, dan partikel debu. Dua warna terakhir inilah yang memberikan warna khas pada Matahari terbenam, menjelaskan mengapa warna merah bisa terlihat sangat jelas di gambar.

Meski ISS saat itu berada di tengah-tengah antara Amerika Selatan dan Afrika Selatan, dari ketinggian stasiun tersebut para astronaut dapat melihat landscape lebih dari 2.000 kilometer hingga cakrawala. Dengan begitu, mudah bagi mereka untuk menangkap pengaruh debu Gurun Patagonia yang tertiup ke arah laut oleh angin.

Selain itu, karena ISS mengorbit planet Bumi setiap 90 menit sekali, ini artinya dalam sehari para penumpang di dalamnya bisa melihat menyaksikan 16 kali Matahari terbenam dan Matahari terbit. Namun tentu saja nggak setiap momen matahari terbenam mereka bisa menyaksikannya, karena terpotong oleh istirahat dan tidur.

Sekali lagi, jepretan Gerst berhasil mengabadikan pemandangan Matahari terbenam yang sangat keren, bikin kita yang di Bumi bisa lihat gimana rasanya menyaksikan senja di luar angkasa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: