terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Penyebab Kulit Alami Luka Iris dan Fase Penyembuhannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penyebab Kulit Alami Luka Iris dan Fase Penyembuhannya
May 16th 2024, 21:40, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi penyebab kulit mengalami luka iris, Photo by michael schaffler on Unsplash
Ilustrasi penyebab kulit mengalami luka iris, Photo by michael schaffler on Unsplash

Penyebab kulit mengalami luka iris bisa terjadi pada saat terkena benda tajam seperti pisau, silet, gunting, logam, pecahan kaca atau logam. Luka iris meski terlihat ringan namun harus segera diobati agar tidak menyebabkan infeksi.

Bahasa ilmiah dari luka iris adalah vulnus scisum. Dikutip dari Buku Ajar Kedokteran Forensik dan Medikolegal, dr. Abdul Gafar Parinduri, M.Ked (For), Sp.F, Erwin Asmadi, SH, MH (2022), luka iris disebabkan oleh benda tajam. Berbentuk seperti garis dengan ukuran dalam luka lebih kecil dari panjang luka.

Luka iris sering terlihat pada percobaan bunuh diri dengan benda tajam, berupa sayatan-sayatan sejajar di pergelangan tangan atau di leher.

Penyebab Kulit Alami Luka Iris

Ilustrasi penyebab kulit mengalami luka iris, Photo by Christin Hume on Unsplash
Ilustrasi penyebab kulit mengalami luka iris, Photo by Christin Hume on Unsplash

Penyebab kulit mengalami luka iris ada banyak macamnya. Bisa karena pisau, kaca, silet, dan benda tajam lainnya. Bentuk dari luka iris ini tergantung dari bentuk objek tajam yang melukainya. Ciri-ciri dari luka iris adalah:

1. Garis batas luka teratur, tepinya rata dan sudut luka tajam

2. Jembatan jaringan tidak ada

3. Permukaan luka rata dan rambut dapat terpotong dengan potongan yang tegas

4. Pada sekitar luka tidak didapatkan luka memar

5. Luka tidak mengenai tulang

6. Panjang luka lebih besar daripada dalam luka

Untuk perawatan atau penyembuhan luka iris, menggunakan perawatan luka bersih, untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah tidak terjadi infeksi pada luka.

Baca Juga: Macam-Macam Penyebab Luka Bakar yang Perlu Diketahui

Berbeda dengan luka robek dan luka bakar, luka iris memang relatif lebih mudah penanganannya. Namun, akibat luka jika tidak tertangani dengan baik dapat membahayakan jiwa korbannya.(IJS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: