terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

35 Kata-Kata Semangat untuk Diri Sendiri yang Bermanfaat bagi Mental - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
35 Kata-Kata Semangat untuk Diri Sendiri yang Bermanfaat bagi Mental
Sep 19th 2024, 09:00, by Adelia Sufri, kumparanWOMAN

Ilustrasi perempuan positive self-talk. Foto: Asier Romero/Shutterstock
Ilustrasi perempuan positive self-talk. Foto: Asier Romero/Shutterstock

Ketika sedang mengalami momen sulit dalam hidup, terkadang seseorang perlu mengucapkan kata-kata semangat untuk diri sendiri (positive self-talk). Meskipun hanya kata-kata, tapi tindakan ini cukup efektif untuk mengurangi stres dan mengubah pandangan hidup jadi lebih positif, lho.

Dikutip dari laman Medical News Today, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kata-kata semangat mampu membantu mental atlet jadi lebih baik saat bertanding. Kata-kata ini juga bisa membantu mereka semakin kuat dalam mengatasi berbagai rintangan.

Tidak hanya itu, orang yang sering melakukan positive self-talk juga memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah, berpikir secara berbeda atau kreatif, dan lebih efisien dalam mengatasi kesulitan.

Menurut Healthline, tidak diketahui pasti mengapa positive self-talk bisa memiliki segudang manfaat untuk mental. Yang jelas, manfaatnya telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Oleh karena itu, positive self-talk jadi salah satu kegiatan yang direkomendasikan kepada setiap orang.

Kata-Kata Semangat untuk Diri Sendiri

Ilustrasi perempuan positive self-talk. Foto: aslysun/Shuttterstock
Ilustrasi perempuan positive self-talk. Foto: aslysun/Shuttterstock

Ketika ingin memulai kebiasaan positive self-talk, seseorang kerap kesulitan menemukan kata-kata semangat untuk dirinya sendiri. Sebagai referensi, berikut ragam kalimatnya yang bisa diucapkan kepada diri sendiri seperti dikutip dari laman Healing Brave:

  1. Aku tidak dapat mengendalikan segala sesuatu yang terjadi padaku, tetapi aku dapat mengendalikan caraku menanggapi apa yang terjadi.

  2. Aku adalah penjaga pikiran, tubuh, dan jiwaku. Aku melindungi diriku dari hal-hal negatif. Tak ada kegelapan yang dapat meredupkan cahayaku.

  3. Aku selalu melakukan yang terbaik, dan hal-hal terbaik yang kulakukan selalu lebih baik dari kemarin.

  4. Aku menjalani hidup selangkah demi selangkah. Langkah selanjutnya tidak harus selalu besar.

  5. Aku tidak perlu memiliki semua jawaban dalam hidup.

  6. Dengan cukup waktu, usaha, dan dedikasi, aku akan bisa menguasai hal yang kubutuhkan untuk berhasil.

  7. Aku cukup kuat dan bijaksana untuk menjadikan rasa sakit sebagai cara bertumbuh.

  8. Mimpiku bukan hal yang mustahil dan aku mampu mewujudkannya.

  9. Aku lebih dari sekadar pikiran-pikiran burukku. Aku lebih dari sekadar rasa takut dan kekhawatiranku.

  10. Aku dapat menciptakan perubahan nyata dan positif, apa pun situasi yang kuhadapi saat ini.

  11. Nilai diriku tak terukur.

  12. Aku sudah melakukan yang terbaik yang aku bisa.

  13. Hidup tidak selalu adil.

  14. Ayo, mulai saja!

  15. Tidak apa-apa untuk sesekali beristirahat.

  16. Semua orang tidak selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan.

  17. Semua kesedihan dan kesulitan ini akan berlalu.

  18. Hari ini adalah hari yang baru.

  19. Hanya karena hari ini buruk, bukan berarti seluruh kehidupanku buruk.

  20. Tetap fokus pada tujuan.

  21. Tetaplah bersikap baik pada semua orang.

  22. Tidak apa-apa untuk membuat batasan pada orang lain.

  23. Aku tidak harus menyenangkan semua orang.

  24. Jangan dengarkan pikiran-pikiran di kepala yang menghakimi.

  25. Menghindar dari masalah hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Jadi, ayo berani menghadapi masalah!

  26. Perlakukan dirimu dengan kasih sayang, (sebut nama sendiri).

  27. Kamu bisa melewati ini, (sebut nama sendiri).

  28. Aku tidak harus sempurna, aku hanya perlu mencoba yang terbaik.

  29. Aku bisa belajar dan berkembang dari kesalahan.

  30. Aku tidak harus menoleransi perilaku kasar.

  31. Tidak apa-apa untuk merasa sedih dan takut, tapi jangan berlarut-larut.

  32. Jangan bandingkan bagian dalam dirimu dengan bagian luar orang lain, (sebut nama sendiri).

  33. Jangan takut meminta dukungan saat butuh.

  34. Jalani kehidupanmu sendiri, tapi tetap beri ruang untuk orang lain memasuki hidupmu.

  35. Setiap orang terkadang melakukan kesalahan, jadikan pembelajaran dan jangan putus asa.

Baca Juga: Apa itu Negative Self Talk? Ini Definisi dan Jenis-jenisnya

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: