terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kresna: Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kresna: Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha
Jul 28th 2024, 20:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha adalah Kresna. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash.com/Lighten Up
Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha adalah Kresna. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash.com/Lighten Up

Perang Baratayudha merupakan salah satu perang yang cukup terkenal di dalam kisah pewayangan. Ada banyak tokoh wayang yang terlibat dalam peperangan ini. Namun ada juga tokoh pewayangan yang ga ikut perang Baratayudha.

Untuk menjelaskan mengenai hal tersebut maka harus menilik lebih jauh mengenai perang yang legendaris ini. Selain itu, harus memahami peran dari masing-masing tokoh yang terlibat dalam peperangan tersebut.

Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha adalah Kresna

Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha adalah Kresna. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash.com/Lighten Up
Tokoh Pewayangan yang Tidak Ikut Perang Baratayudha adalah Kresna. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash.com/Lighten Up

Dikutip dari buku Epos Baratayudha karya Zulfan Arif, (2020) secara simbolis cerita mengenai perang Baratayudha adalah simbol antara kebaikan yang melawan keburukan, keutamaan melawan kebatilan.

Dalam peperangan ini kejahatan akan dikalahkan bahkan dihancurkan oleh keutamaan atau sering dikenal dengan sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti.

Perang ini adalah perang pada umumnya di mana dalam setiap peperangan pastinya ada pihak yang menelan kekalahan dan menang. Kisah ini merupakan salah satu cerita turun-temurun yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Salah satu alasan mengapa perang ini selalu menjadi cerita yang menarik adalah filosofinya yang selalu relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di mana manusia di dunia ini harus melawan berbagai hal keburukan agar menciptakan kehidupan yang damai.

Latar belakang peperangan ini adalah keinginan dari Pandawa yang ingin mendapatkan kembali haknya sebagai penguasa dari Hastinapura setelah berada di dalam pengasingan selama 12 tahun lamanya.

Ada banyak tokoh yang terlibat dalam peperangan besar ini. Salah satunya adalah Pandawa, Korawa, Gatotkaca, Arjuna, Kresna, Drona, hingga Bima. Lalu siapa tokoh pewayangan yang tidak ikut perang Baratayudha?

Jawabannya adalah Kresna. Dalam bahasa Sansekerta, Kresna berati hitam, gelap atau biru tua. Pada peperangan ini Kresna tidak ikut dalam peperangan karena dia bertindak sebagai penasihat sekaligus pengatur taktik dan strategi.

Tidak ikut dalam peperangan bukan berarti tidak terlibat sama sekali, melainkan tak ikut terjun langsung ke medan perang. Pada waktu itu Kresna memiliki hak penuh untuk menentukan siapa yang harus maju berperang melawan Korawa dan siapa yang harus ditarik mundur.

Perannya menjadi otak peperangan sangat besar dan berkat kecerdikannya, Pandawa berhasil unggul dan akhirnya memenangkan peperangan.

Baca juga: Tokoh-Tokoh Ramayana dan Karakternya dalam Kisah Pewayangan

Jadi kesimpulannya tokoh pewayangan yang tidak ikut perang Baratayudha adalah Kresna. Kresna bertindak sebagai pengatur strategi atau berada di balik layar. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: