terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Tanggal Pergerakan Nasional yang Berupaya Mempersatukan Bangsa - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tanggal Pergerakan Nasional yang Berupaya Mempersatukan Bangsa
May 16th 2024, 21:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Rifka Hayati.
Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Rifka Hayati.

Pergerakan nasional diawali dengan berdirinya organisasi Budi Utomo yang dipelopori oleh para pelajar STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Tanggal pergerakan nasional yang berupaya mempersatukan bangsa Indonesia yaitu 20 Mei 1908.

Di mana pergerakan nasional ini merupakan sebuah perjuangan yang dilakukan untuk memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia yang disebabkan ketidakpuasan terhadap masyarakat yang ada.

Tanggal di Adakannya Pergerakan Nasional

Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Bimo Wicaksono.
Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Bimo Wicaksono.

Dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, setelah masa perjuangan fisik berakhir, beralihlah ke masa perjuangan melalui organisasi modern dengan tujuan untuk memperbaiki hajat hidup bangsa Indonesia ke arah lebih baik.

Hal ini merupakan dampak adanya Politik Etis oleh Belanda yang secara tidak langsung membuat kaum intelektual pribumi tergerak.

Hingga pada tahun 1908, hadirnya pergerakan nasional. Tanggal pergerakan nasional yang berupa mempersatukan bangsa ini adalah 20 Mei 1908. Sejak tanggal 20 Mei 1908 inilah berdiri organisasi yang bernama Boedi Oetomo.

Di mana organisasi ini merupakan sebuah organisasi pelajar yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten) yaitu Goenawan, Dr. Tjipto Mangoenkeosoemo, Soeraji, serta R.T. Ario Tirtokusumo.

Faktor Munculnya Pergerakan Nasional

Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Yosi Azwan.
Ilustrasi Tanggal Pergerakan Nasional Yang Berupaya Mempersatukan Bangsa, Foto: Unspalsh/Yosi Azwan.

Munculnya pergerakan nasional ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu sebagai berikut:

1. Faktor Internal

  • Adanya rasa tidak puas, penderitaan, rasa kesedihan dan kesengsaraan dari bangsa Indonesia terhadap penjajahan dan penindasan kolonial.

  • Ketidakpuasan itu sebenarnya sudah lama mereka ungkapkan melalui perlawanan bersenjata melawan Belanda di berbagi daerah, antara lain: perlawanan yang dipimpin oleh Pattimura, Teuku Umar, Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dll.

2. Faktor Eksternal

  • Masuknya paham liberalisme dan human rights.

  • Diterapkannya pendidikan sistem barat dalam pelaksanaan Politis Etis pada 1902. Sehingga menimbulkan wawasan luas bagi pelajar Indonesia.

  • Kemenangan jepang terhadap Rusia tahun 1905, yang membangkitkan rasa percaya diri bagi rakyat Asia-Afrika dan bangkit melawan penjajah.

  • Gerakan Turki Muda pada 1896-1918 yang bertujuan menanamkan dan mengembangkan nasionalisme Turki.

  • Gerakan Pan-Islamisme yang ditumbuhkan oleh Djamaluddin al-Afgani yang mematahkan dan melenyapkan imperialisme barat.

  • Pergerakan nasional di Asia, seperti gerakan Nasionalisme di India, Tiongkok, dan Philipina.

Baca Juga: Sejarah Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional

Dapat disimpulkan bahwa tanggal pergerakan nasional yang berupaya mempersatukan bangsa Indonesia yaitu 20 Mei 1908. Dan setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: