terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Kunyit? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Kunyit?
Oct 20th 2024, 14:00, by Eka Nurjanah, kumparanMOM

Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock
Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock

Menyusui punya banyak sekali manfaat bagi ibu dan bayi. Selain menjalin ikatan yang erat, proses menyusui ini menjadi jalan untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Dikutip dari Mom Junction, selama menyusui, ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan antioksidan. Antioksidan ini salah satunya bisa diperoleh dari kunyit. Tapi, bolehkah ibu menyusui mengonsumsi kunyit?

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Kendati demikian, masih banyak orang bertanya-tanya apakah ibu menyusui boleh mengonsumsi kunyit.

Amankah Ibu Menyusui Mengonsumsi Kunyit?

Pakar menyebut, ibu menyusui boleh-boleh saja mengonsumsi kunyit. Kunyit merupakan rempah penting yang berguna untuk perkembangan otak dan tubuh.

Ilustrasi Ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Ibu menyusui. Foto: Shutter Stock

Kunyit juga merupakan rempah yang terkenal karena sifat antibakteri, antivirus, antiradang, dan antikarsinogeniknya. Selain itu, kunyit disebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi. Lantas, apa manfaat lain dari kunyit bila dikonsumsi ibu menyusui?

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui

1. Pereda Nyeri Alami

Periode setelah melahirkan biasanya ibu merasakan pegal dan nyeri. Selain itu, proses menyusui juga sering kali menyebabkan rasa pegal di punggung. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri sendi dan punggung.

2. Antidepresan

Depresi pascapersalinan adalah hal yang nyata dan beberapa ibu bisa mengalaminya. Biasanya mereka mengalami karena kewalahan dengan fase hidup yang baru. Hal ini dapat disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor mental dan fisik, terutama setelah melahirkan.

Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock
Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock

Kunyit bertindak sebagai antidepresan alami yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, dopamin, dan kadar hormon. Senyawa kurkumin dalam kunyit mengurangi kecemasan dan meningkatkan DHA di otak.

3. Memperbaiki Pencernaan

Sering kali ibu yang baru melahirkan mengeluhkan gangguan pencernaan, refluks lambung, sembelit hingga kembung. Kunyit dengan sifat anti-inflamasinya, dapat membantu mengembalikan pencernaan Anda ke keadaan normal.

Ilustrasi Ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Ibu menyusui. Foto: Shutter Stock

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Mengurus bayi baru lahir memang bisa mengurangi jam istirahat ibu, terutama di malam hari. Hal ini berpotensi menghambat sistem kekebalan tubuh. Kunyit mengandung berbagai sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: