terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kapan Hari Sumpah Pemuda? Ini Penjelasan Lengkapnya yang Perlu Diketahui - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kapan Hari Sumpah Pemuda? Ini Penjelasan Lengkapnya yang Perlu Diketahui
Oct 26th 2024, 17:26, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kapan Hari Sumpah Pemuda. Foto: dok. Unsplash/Leonardus Bima S. Laiyanan
Ilustrasi Kapan Hari Sumpah Pemuda. Foto: dok. Unsplash/Leonardus Bima S. Laiyanan

Kapan Hari Sumpah Pemuda? Peringatan tahunan ini dikenal sebagai suatu peringatan penting bagi masyarakat Indonesia. Peringatan ini dirayakan setiap satu kali dalam satu tahun, yaitu setiap tanggal 28 Oktober.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini memiliki sejarah panjang yang bernilai penting bagi Indonesia. Terdapat pula sederet tokoh penting di Indonesia yang terlibat dalam sejarah ini.

Mengetahui Kapan Hari Sumpah Pemuda dan Sejarahnya

Ilustrasi Kapan Hari Sumpah Pemuda. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Kapan Hari Sumpah Pemuda. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun

Mengutip dari buku berjudul Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII, Sri Untari, Ginawan Rianto (2014: 130), sejarah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda diawali dengan munculnya berbagai organisasi yang merupakan perkumpulan pemuda daerah.

Para pemuda menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menyatukan keberagaman yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, dibentuklah suatu ikrar yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda tersebut diikrarkan pada saat Kongres Pemuda II.

Pengikraran Sumpah Pemuda tersebut kemudian dijadikan sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kapan Hari Sumpah Pemuda? Jawabannya adalah Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024, jatuh pada hari Senin, 28 Oktober 2024.

Dikutip dari dalam buku berjudul Sejarah Pergerakan Nasional, Fajriudin Muttaqin, dkk (2015: 13), Kongres Pemuda II diselenggarakan pada hari Minggu, 28 Oktober 1928 bertempat di gedung "Oost Java Bioscoop," Koningsplein Noord yang saat ini menjadi Jl. Medan Merdeka Utara no. 14.

Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito. Kongres ini dihadiri oleh wakil-wakil organisasi pemuda dari seluruh daerah di Indonesia. Kongres Pemuda II juga dihadiri oleh wakil-wakil organisasi golongan tua, salah satu organisasi tersebut adalah Budi Utomo. Isi dari Sumpah Pemuda, yaitu:

  1. "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".

  2. "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia".

  3. "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".

Untuk memperingati Sumpah Pemuda, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Mulai dari ikut berperan aktif dalam organisasi pemuda dan kegiatan kepemudaan di lingkungan sekitar, hingga mengikuti diskusi dan seminar.

Baca juga: Tema Sumpah Pemuda 2024 dan Makna Logonya

Itu dia penjelasan kapan Hari Sumpah Pemuda yang dilengkapi dengan penjelasan mengenai sejarah dan cara masyarakat untuk merayakannya. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: