terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

5 Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat dan Fungsinya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat dan Fungsinya
Oct 26th 2024, 17:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Foto: Unsplash/Lukmannil Hakim
Ilustrasi sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Foto: Unsplash/Lukmannil Hakim

Sebagai makhluk sosial, manusia akan saling berhubungan dengan orang lain. Hubungan tersebut secara tidak langsung akan menghasilkan berbagai norma di suatu tempat. Hal ini menimbulkan pertanyaan sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Sebab, norma-norma yang ada di masyarakat merupakan aturan yang tertulis maupun tidak tertulis yang harus dipatuhi setiap masyarakat. Apabila ada yang melanggar, akan ada sanksi yang didapatkan.

Sebutkan Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat!

Ilustrasi sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Foto: Unsplash/Adam Novianto
Ilustrasi sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Foto: Unsplash/Adam Novianto

Secara bahasa, norma berasal dari bahasa Belanda 'norm' yang artinya patokan, pedoman atau pokok kaidah. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan dapat diterima.

Norma juga memiliki arti aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. Norma yang berlaku di masyarakat cukup beragam.

Dikutip dari Modul Pembelajaran SMA Sosiologi: Ragam Gejala Sosial Sosiologi Kelas X, Sri Uji Partiwi (2020), jawaban dari pertanyaan sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat, yakni:

1. Norma Agama

Norma agama merupakan norma yang didasarkan oleh ajaran atau kaidah suatu agama di suatu daerah. Norma ini berfungsi sebagai petunjuk dan pegangan hidup bagi umat manusia yang berasal dari Tuhan yang berisikan perintah dan larangan.

Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapatkan sanksi sesuai dengan ketentuan yang ada pada agama masing-masing.

2. Norma Hukum

Norma hukum suatu rangkaian aturan yang ditujukan kepada anggota masyarakat yang berisi ketentuan, perintah, kewajiban, dan larangan, agar dalam masyarakat tercipta suatu ketertiban dan keadilan yang biasanya dibuat oleh lembaga tertentu.

Aturan ini lazimnya tertulis yang diklasifikasikan dalam berbagai bentuk kitab undang-undang atau tidak tertulis berupa keputusan hukum pengadilan adat. Norma ini ada untuk menciptakan ketertiban, keadilan, dan keamanan suatu tempat.

Karena sebagian besar norma hukum adalah tertulis maka sanksinya adalah yang paling tegas jika dibandingkan dengan norma lain dari mulai denda sampai hukuman fisik berupa penjara hingga hukuman mati.

3. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak, sehingga seseorang dapat membedakan apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk.

Tujuan dari norma ini sebagai pegangan hidup dalam melaksanakan nilai moral dalam rangka menghargai harkat dan martabat orang lain.

4. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah petunjuk hidup yang mengatur bagaimana seseorang harus bertingkah laku dalam masyarakat. Norma ini diibaratkan sebagai aturan yang mengarah kepada hal-hal yang berkaitan dengan perbuatan dalam kehidupan bermasyarakat secara wajar.

Sehingga standar dari norma kesopanan setiap daerah berbeda-beda. Sebab, norma ini sangat bergantung dengan budaya, adat istiadat hingga kebiasaan.

5. Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan merupakan sekumpulan peraturan yang dibuat bersama secara sadar atau tidak menjadi sebuah kebiasaan. Seperti halnya dengan norma kesusilaan dan kesopanan, standar dari norma kebiasaan setiap daerah dapat berbeda-beda.

Akibatnya, jika seseorang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat suatu daerah, ia dianggap sebagai orang yang aneh.

Baca Juga: Pengertian Norma, Jenis-Jenis, dan Dua Contoh Norma Formal

Itulah penjelasan tentang sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Semoga dengan mengetahui norma-norma di atas dapat menambah wawasan tentang aturan yang berlaku dan harus ditaati masyarakat di suatu daerah. (MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: