terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jessica Wongso 'Kopi Sianida' Bebas Bersyarat, Ini Perjalanan Kasusnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jessica Wongso 'Kopi Sianida' Bebas Bersyarat, Ini Perjalanan Kasusnya
Aug 18th 2024, 10:04, by Wisnu Prasetiyo, kumparanNEWS

Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso. Foto: Dok. Netflix
Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso. Foto: Dok. Netflix

Jessica Kumala Wongso resmi bebas bersyarat hari ini, Minggu (18/8). Ia sempat menyedot perhatian lantaran kasus pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin menggunakan kopi bersianida pada 2016 silam.

Atas perbuatannya itu, Jessica dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun. Bahkan hingga tingkat kasasi dan vonisnya berkekuatan hukum tetap.

Bagaimana perjalanan kasusnya?

Kasus pembunuhan ini terjadi pada 6 Januari 2016 di Kafe Olivier, Grand Indonesia. Wayan Mirna Salihin meninggal usai meminum es kopi Vietnam yang dipesan oleh Jessica di kafe tersebut.

Jessica kemudian ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terhadap Mirna. Pembunuhan diduga dilakukan dengan menggunakan sianida yang dimasukkan ke dalam kopi yang diminum Mirna.

Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Mirna pada 29 Januari 2016. Namun Jessica sempat menghilang dari kediamannya dan akhirnya ditangkap pada 30 Januari 2016 di Hotel Neo Mangga Dua Square, Jakarta.

Sidang Jessica digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) mulai 15 Juni 2016 hingga 27 Oktober 2016. Peristiwa ini menyedot perhatian masyarakat, bahkan persidangannya yang berjam-jam itu disiarkan secara live oleh stasiun televisi.

Jessica Kumala Wongso. Foto: Reuters/Beawiharta
Jessica Kumala Wongso. Foto: Reuters/Beawiharta

Vonis, Banding, Kasasi

Saat itu, majelis hakim yang diketuai Kisworo akhirnya menyatakan Jessica terbukti melakukan pembunuhan berencana berdasarkan Pasal 340 KUHP dan divonis 20 tahun penjara. Terhadap vonis itu Jessica mengajukan banding karena menurutnya putusan ini sangat tidak adil dan memihak.

Upaya banding Jessica kandas usai ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Hakim menguatkan vonis 20 tahun penjara terhadap Jessica.

Putusan banding ini diketok pada 23 Februari 2017. Duduk sebagai majelis hakim Elang Prakoso Wibowo sebagai ketua dan Sri Anggarwati serta Pramodhana KK Atmadja sebagai hakim anggota.

Jessica yang tak terima kembali mengajukan upaya kasasi ke MA. Namun, lagi-lagi upayanya tersebut kandas karena ditolak MA.

Putusan kasasi dibacakan pada hari Rabu, 21 Juni 2017. Majelis hakim itu diketuai oleh Artidjo Alkostar dengan Salman Luthan dan Sumardiyatmo masing-masing sebagai anggota.

Jessica mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya pada 2017 silam.

Satu tahun bergulir, MA akhirnya menjatuhkan vonis terhadap PK Jessica. Hasilnya, MA menolak PK tersebut. Dengan putusan itu, maka Jessica tetap dihukum penjara selama 20 tahun.

"Tolak," bunyi amar putusan PK sebagaimana dikutip dari laman MA, Senin (31/12).

Putusan itu diambil pada tanggal 3 Desember 2018. Majelis yang mengadili PK tersebut terdiri dari Suhadi, Sofyan Sitompul, dan Sri Murwahyuni.

Dapat Remisi, Bebas Bersyarat

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan bebas bersyarat kepada Jessica hari ini.

Kemenkumham memberi 58 bulan remisi karena Jessica berkelakuan baik di penjara Lapas Pondok Bambu.

"Sebelumnya, selama pidana, yang bersangkutan telah berkelakuan baik berdasarkan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana dengan total mendapat Remisi sebanyak 58 bulan 30 hari," kata Kepala Kelompok Kerja Humas Dirjen Pemasyarakatan Deddy Eduar Eka Saputra, lewat keterangannya, Minggu (18/8).

Sesuai putusan kasasi MA, Jessica seharusnya ditahan 20 tahun atas pembunuhan Mirna itu. Tapi, ia memenuhi syarat untuk bebas bersyarat pada tahun ini.

Keputusan itu tertuang dalam SK Menkumham nomor: PAS-1703.PK.05.09 tahun 2024.

Namun, selama menjalani bebas bersyarat, Jessica tetap wajib lapor hingga tahun 2032.

"Selama menjalani PB (Pembebasan Bersyarat), yang bersangkutan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara dan akan menjalani pembimbingan hingga 27-3-2032," ucap Eduar.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: