terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengenal Sarden, Jenis Olahan Ikan yang Dikalengkan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Sarden, Jenis Olahan Ikan yang Dikalengkan
May 16th 2024, 20:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustarsi untuk jenis olahan ikan yang dikalengkan. Sumber: pexels.com/Elle Hughes
Ilustarsi untuk jenis olahan ikan yang dikalengkan. Sumber: pexels.com/Elle Hughes

Salah satu jenis olahan ikan yang dikalengkan adalah sarden. Produk ikan sarden kalengan mudah ditemukan di supermarket. Oleh karena itu ikan sarden menjadi salah satu menu olahan rumah andalan di Indonesia.

Selain mudah diolah dan dikonsumsi, sarden memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Salah satu kandungannya adalah Omega 3 yang bermanfaat bagi fungsi otak.

Mengenal Sarden, Salah Satu Jenis Olahan Ikan yang Dikalengkan

Ilustarsi untuk jenis olahan ikan yang dikalengkan. Sumber: pexels.com/Karen Laaark Boshoff
Ilustarsi untuk jenis olahan ikan yang dikalengkan. Sumber: pexels.com/Karen Laaark Boshoff

Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi adalah ikan sarden.

enurut buku Good Food Good Mood oleh Deny Indra Praja (2018: 71), ikan sarden atau ikan pilchard adalah ikan laut yang terkenal suka bepergian dalam kelompok besar. Jenis ikan ini banyak terdapat di Lautan Pasifik dan Atlantik.

Ikan sarden sangat populer untuk dikonsumsi, baik dalam keadaan segar atau diawetkan. Ikan sarden pun menjadi salah satu jenis olahan ikan yang dikalengkan

Ikan sarden kalengan sangat populer dan mudah ditemukan di mana saja, baik supermarket maupun warung. Saking populernya, ikan apapun yang diawetkan dan dikemas dalam wadah kalengan sering dianggap sebagai ikan sarden.

Ikan sarden sangat enak dikonsumsi dan mudah diolah. Selain itu, ikan sarden juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Sarden

Jenis Olahan Ikan yang Dikalengkan. Sumber Unsplash Murielle Hunt
Jenis Olahan Ikan yang Dikalengkan. Sumber Unsplash Murielle Hunt

Menurut buku Cegah Stunting Anak pesisir dengan Asupan Gemar Ikan oleh Dr. Kadek Rachmawati, drh., M.Kes, dkk (2024: 24), tulang ikan sarden mengandung berbagai macam mineral bersama zat gizi lain yang dapat mencegah stunting.

Mineral yang tersimpan dalam ikan sarden di antaranya adalah kalsium yang tidak hanya mencegah stunting pada ibu hamil tetapi juga bermanfaat terhadap kondisi jantung ibu hamil yang mengonsumsinya.

Selain itu, kandungan gizi ikan sarden lainnya adalah Omega 3 dan Omega 6, asam lemak DHA, serta Vitamin D, B3 dan B12. Omega 3 sangat bagus untuk nutrisi otak. Vitamin B12 dalam ikan sarden dapat mencegah jantung koroner dan anemia.

Di sisi lain, lemak Omega 3 dan Omega 6 juga dapat membantu meningkatkan fungsi sendi yang sehat dan membantu menghambat penyakit autoimun dan anti-inflamasi, seperti radang sendi, asma, alergi, dan psoriasis.

Baca juga: Mengenal Daerah dengan Bahan Olahan Pangan dari Ikan Teri

Demikian pembahasan jenis olahan ikan yang dikalengkan adalah sarden. Semoga dapat menambah wawasan mengenai ikan sarden, manfaat, dan kandungan gizinya untuk kesehatan. (IND)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: