terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kendaraan Elektrifikasi Warnai Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus di Asia - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kendaraan Elektrifikasi Warnai Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus di Asia
Sep 14th 2024, 12:00, by Sena Pratama, kumparanOTO

Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus (tengah) melambaikan tangan sebelum meninggalkan Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024). Foto: Muhammad Iqbal/ANTARA FOTO
Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus (tengah) melambaikan tangan sebelum meninggalkan Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024). Foto: Muhammad Iqbal/ANTARA FOTO

Jumat, 13 September menandai berakhirnya perjalanan apostolik Paus Fransiskus di beberapa negara Asia Tenggara meliputi Indonesia, Timor Leste, dan Singapura. Serta Papua Nugini di wilayah pasifik yang meninggalkan banyak cerita menarik, termasuk perihal kendaraan yang dipakai Sri Paus selama lawatannya.

Bila diamati, kendaraan yang digunakan Paus Fransiskus cukup bervariasi, terutama dari segi teknologinya. Misalnya, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Electric Vehicle atau HEV di Indonesia dan sebuah Battery Electric Vehicle (BEV) Hyundai IONIQ 5 di Singapura.

Innova Zenix HEV yang dipakai merupakan tipe V Modellista, modelnya sudah dirakit di dalam negeri dan sekaligus menjadi mobil hybrid Toyota pertama yang dibuat di Indonesia. Medium MPV itu dibangun di atas sasis TNGA-C terbaru.

Dapur pacunya mengemas mesin M20A-FXZ 1.987 cc, bertenaga 151 dk pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm di putaran 4.400-5.200 rpm. Tak lupa ada, sistem hybrid generasi lima dengan ragam penyempurnaan.

Paus Fransiskus menyapa warga saat tiba di Singapura, Rabu (11/9/2024). Foto: Caroline Chia/REUTERS
Paus Fransiskus menyapa warga saat tiba di Singapura, Rabu (11/9/2024). Foto: Caroline Chia/REUTERS

Klaim pabrikan, konsumsi BBM rata-rata Innova Zenix hybrid bisa mencapai 20 km/liter. Ulasan kumparan selama dipakai di rute dalam kota mampu mendapat antara 19 km/liter hingga 21 km/liter, mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer sekali isi bensin.

Kemudian Hyundai IONIQ 5 di Singapura, tidak ada informasi detail mengenai spesifikasi dan varian yang digunakan. Tetapi kalau boleh menebak, berdasarkan tampilan sepertinya bukan merupakan tipe tertinggi. Terlihat dari corak velg yang dikenakannya.

Di Indonesia, varian yang menggunakan velg tersebut adalah Hyundai IONIQ 5 Prime dengan dua pilihan kapasitas baterai yakni Long range 72,6 kWh dan Standard range 58 kWh. Menjanjikan daya tempuh mulai dari 384 kilometer hingga 481 kilometer sekali cas.

Paus Fransiskus menggunakan mobil setelah mendarat di Bandara Internasional Port Moresby Jackson, di Port Moresby, Papua Nugini, 6 September 2024.  Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Paus Fransiskus menggunakan mobil setelah mendarat di Bandara Internasional Port Moresby Jackson, di Port Moresby, Papua Nugini, 6 September 2024. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Kemudian ada juga Toyota Raize ketika di Papua Nugini, model yang dijual di negara tersebut menggunakan mesin berkubikasi 1.200 cc berkode WA-FE pengembangan Daihatsu. Jantung mekanis anyar itu diklaim sangat efisien dan ramah lingkungan.

Raize di sana boleh dibilang sebagai SUV 5-penumpang entry level, sehingga bukan kendaraan yang harganya tinggi. Di Papua Nugini banderolnya 68.500 kina atau sekitar Rp 266 jutaan, model tersebut diduga diimpor dari Indonesia.

Sebab, bila menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, ekspor Raize ke Papua Nugini dilakukan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai perusahaan yang membuatnya.

Kemudian saat melanjutkan perjalanan ke Timor Leste, giliran Toyota Sienta yang menemani Paus Fransiskus. Agak berbeda dengan yang lainnya, MPV pintu geser itu dibalut warna silver lengkap dengan bendera Negara Kota Vatikan dan pelat SCV1.

Paus Fransiskus tiba untuk pertemuan dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan, Dili, Timor Leste, Senin (9/9/2024). Foto: Guglielmo Mangiapane/REUTERS
Paus Fransiskus tiba untuk pertemuan dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan, Dili, Timor Leste, Senin (9/9/2024). Foto: Guglielmo Mangiapane/REUTERS

***

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: