terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kebutuhan Tambahan setelah Kebutuhan Pokok Terpenuhi dan Contohnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kebutuhan Tambahan setelah Kebutuhan Pokok Terpenuhi dan Contohnya
May 16th 2024, 21:08, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Piotr Cichosz
Ilustrasi kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Piotr Cichosz

Setiap manusia memiliki kebutuhannya sendiri-sendiri. Meski demikian, kebutuhan tersebut dibagi menjadi beberapa sesuai dengan keadaan. Misalnya, kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder.

Walaupun menjadi suatu yang penting, namun kebutuhan sekunder hanya bisa didapatkan apabila kebutuhan primer sudah terpenuhi. Sebab, jika kebutuhan primer tidak dipenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidup.

Kebutuhan Tambahan setelah Kebutuhan Pokok

Ilustrasi kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Jan BaborĂ¡k
Ilustrasi kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Jan BaborĂ¡k

Dikutip dari buku Dasar dan Konsep Kebutuhan Manusia oleh Tri Nanang B. S. (2022) kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder atau pelengkap kebutuhan pokok.

Sekunder berasal dari bahasa Latin secundus yang artinya kedua. Artinya, kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua setelah kebutuhan primer.

Kebutuhan sekunder sendiri muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Sebab, kebutuhan ini bersifat melengkapi.

Selain itu, kebutuhan sekunder tidak mendesak harus dipenuhi seperti kebutuhan primer karena sifatnya lebih banyak dipengaruhi peradaban manusia.

Kebutuhan sekunder akan membuat kualitas hidup manusia di dalam lingkungan sosial akan menjadi baik. Oleh karena itu, kebutuhan sekunder juga disebut kebutuhan sosial. Seandainya kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, maka hidup seseorang tidak akan terganggu.

Namun jika kebutuhan sekunder dapat terpenuhi, kehidupan seseorang akan menjadi lebih baik. Jadi, kebutuhan sekunder dapat menaikkan tingkat/kualitas kehidupan seseorang.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Ilustrasi contoh kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Luis Villasmil
Ilustrasi contoh kebutuhan sekunder. Foto: Unsplash/Luis Villasmil

Setiap orang mempunyai kebutuhan sekunder yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada status seseorang sebagai penunjang kebutuhan manusia. Adapun contoh dari kebutuhan sekunder yakni:

1. Hiburan

Hiburan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Namun kebutuhan ini datang setelah manusia sudah memenuhi sandang, pangan, dan papan. Sehingga, hiburan menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Beberapa contoh hiburan adalah berkumpul dengan teman, pergi ke destinasi wisata, nonton film, konser, dan lainnya.

2. Alat Elektronik

Alat elektronik adalah dampak dari peradaban manusia. Artinya, kebutuhan ini datang setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan pokoknya.

Alat elektronik sendiri berkembang untuk membantu dan memudahkan kehidupan manusia. Sebagai contoh televisi, gawai, kulkas, setrika, mesin cuci, dan lainnya.

3. Kendaraan Pribadi

Kendaraan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk berpergian ke satu tempat ke tempat lainnya. Namun kendaraan pribadi bukan menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan, di zaman dahulu kendaraan pribadi menjadi kebutuhan tersier atau kebutuhan ketiga.

Namun dengan perkembangan zaman yang sangat cepat dan untuk menunjang aktivitas maupun produktivitas manusia, kendaraan pribadi berubah menjadi kebutuhan sekunder. Contoh dari kebutuhan ini adalah motor maupun mobil.

4. Olahraga

Olahraga merupakan kebutuhan setiap manusia. Sebab, olahraga bermanfaat bagi kesehatan maupun sebagai hiburan. Akan tetapi, kesibukan menjadi salah satu alasan membuat banyak orang sulit berolahraga.

Hal ini dikarenakan tuntutan zaman yang membuat manusia harus bekerja lebih banyak dari zaman sebelumnya. Oleh karena itu, olahraga menjadi hal penting untuk membuat seseorang beraktivitas secara maksimal.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Manusia

Sekarang, sudah mengetahui kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi disebut kebutuhan sekunder dan contohnya bukan? Semoga bermanfaat dan dapat mengetahui kebutuhan yang menjadi pelengkap kebutuhan primer.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: