terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

6 Jenis Peralatan Modern dalam Persiapan Lahan dan Fungsinya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
6 Jenis Peralatan Modern dalam Persiapan Lahan dan Fungsinya
May 16th 2024, 21:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan. Foto: Unsplash/Sha Ro
Ilustrasi sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan. Foto: Unsplash/Sha Ro

Perkembangan zaman membuat berbagai peralatan tradisional menjadi modern. Hal ini juga terjadi di bidang pertanian, terutama dalam persiapan lahan. Sehingga timbul pertanyaan, sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan!

Sebab, penggunaan peralatan modern dalam persiapan lahan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan peralatan tradisional. Di sisi lain, setiap peralatan persiapan lahan memiliki fungsinya masing-masing.

Jenis Peralatan Modern dalam Persiapan Lahan

Ilustrasi sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan. Foto: Pexels/Serena Koi
Ilustrasi sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan. Foto: Pexels/Serena Koi

Dikutip dari buku Pengolahan Tanah oleh Titik Nurhidayah, dkk. (2023) sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan yakni:

1. Bajak Subsoil

Bajak subsoil adalah alat yang berfungsi untuk mengolah tanah dengan memecah tanah dan membentuknya hingga menjadi parit yang siap untuk menjadi saluran air. Alat ini dapat memecahkan tanah sedalam 20-36 inch.

2. Garu Piring

Alat ini memiliki beberapa manfaat, antara lain membersihkan rumput liar yang tumbuh di lahan pertanian dan menyebarkan benih dengan merata, serta menutupi benih yang telah disebar dengan tanah.

3. Rotavator

Rotavator memiliki manfaat untuk mengolah tanah dalam dua langkah pengolahan. Langkah pertama, alat ini berfungsi sebagai pencacah dengan cara membolak-balikkan tanah.

Langkah selanjutnya adalah untuk merapikan sekaligus memusnahkan tanaman liar yang mengganggu lahan pertanian yang telah sap tanam ini.

4. Traktor

Traktor digunakan untuk mendorong atau menarik tanah memanfaatkan rodanya. Sebab, roda traktor memiliki beberapa jenis, seperti roda biasa dan roda rantai.

Apabila traktor roda biasa umumnya digunakan pada kondisi tanah cenderung kering, maka traktor roda rantai digunakan untuk tanah yang cenderung berlumpur.

5. Cultivator

Alat yang satu ini berfungsi untuk menyiapkan tanah sekunder agar hancur dan halus dengan cara dibajak. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan gerigi yang menancap pada tanah.

Dengan bantuan mesin penggerak, maka tanah akan otomatis bergerak, terangkat, dan terpecah. Tujuannya untuk menghilangkan gulma dengan cara mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah yang disebut juga sebagai proses aerasi.

6. Bajak Singkal

Bajak singkal adalah alat yang digunakan dalam memotong, membalikkan, pemecahan tanah serta pembenaman sisa-sisa tanaman ke dalam tanah dan digunakan untuk tahapan kegiatan pengolahan tanah.

Bajak singkal merupakan alat bajak yang paling tua di Indonesia. Meski demikian, bajak singkal masih digunakan untuk persiapan lahan sebelum penanaman benih.

Baca Juga: Kriteria Pemilihan Lahan Budidaya Tanaman Sayuran

Dari penjelasan sebutkan jenis peralatan modern dalam persiapan lahan di atas, dapat diketahui bahwa alat-alat ini terdiri dari beberapa jenis. Sehingga, petani dapat menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan kebutuhan.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: