terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Dukung Minat Belanja Online, YouTube Resmi Luncurkan YouTube Shopping Affiliates - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dukung Minat Belanja Online, YouTube Resmi Luncurkan YouTube Shopping Affiliates
Sep 25th 2024, 10:45, by Nada Meita N, kumparanBISNIS

Program YouTube Shopping Affiliates memberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk, sehingga mempermudah penonton dalam proses belanja. Foto: dok. Istimewa
Program YouTube Shopping Affiliates memberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk, sehingga mempermudah penonton dalam proses belanja. Foto: dok. Istimewa

YouTube resmi meluncurkan YouTube Shopping Affiliates di Indonesia. Menggandeng Shopee sebagai mitra perdananya, program ini menjadi upaya untuk mendukung minat masyarakat dalam berbelanja online.

Seiring dengan pesatnya perkembangan e-commerce di Tanah Air, nilai transaksi bruto (GMV) belanja online diperkirakan dapat mencapai USD 110 miliar pada tahun 2025 dengan pertumbuhan e-commerce mencapai 15 persen.

Laporan eConomy bahkan menyebut, Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam perjalanan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Sementara itu, YouTube berada dalam posisi unik untuk mendukung pertumbuhan ini. Pada tahun 2023 saja, orang-orang di seluruh dunia menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait belanja di YouTube, menunjukkan kepercayaan mereka pada rekomendasi konten kreator dan keinginan mereka akan ulasan serta demonstrasi produk yang otentik.

Dalam survei Kantar, sebanyak 96 persen pengguna meluangkan waktu ekstra untuk menonton video online guna mencari informasi tentang produk sebelum membeli. Ini berarti, YouTube memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap pengambilan keputusan sebelum pembelian.

YouTube Shopping: Masa Depan Belanja Online di Indonesia

Tak hanya memudahkan konsumen, YouTube Shopping Affiliates juga memungkinkan para konten kreator untuk berbisnis. Mereka bisa mendapatkan komisi saat merekomendasikan produk dalam video.

General Manager dan Vice President Shopping YouTube, Travis Katz mengatakan, para konten kreator dapat memanfaatkan program ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Setelah sukses meluncurkannya di Amerika Serikat dan Korea, pihaknya sangat antusias membawa program tersebut ke Tanah Air bersama Shopee.

"Kami yakin konten kreator Indonesia akan menggunakan fitur ini dengan kreatif dalam konten belanja mereka, dan kami berharap dapat melihat dampak positifnya bagi komunitas kreator dan ekosistem belanja online di Indonesia," ucapnya.

Peluncuran YouTube Shopping Affiliates, lanjut Travis, merupakan bukti komitmen YouTube dalam membina ekosistem digital yang dinamis, tidak hanya dengan memberdayakan konten kreator melalui peluang monetisasi baru, tetapi juga dengan memungkinkan usaha kecil untuk terhubung dengan pelanggan dan berkembang di online.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna. Foto: dok. Istimewa
Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna. Foto: dok. Istimewa

Direktur Regional APAC YouTube, Ajay Vidyasagar mengatakan, pihaknya berharap kehadiran program ini dapat memberdayakan komunitas konten kreator dengan peluang dan pilihan monetisasi yang lebih beragam. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia pun semakin meningkat.

"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di platform kami, serta terus berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia," tambah Ajay.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu kreator yang bergerak dalam video lifestyle dan entertainment di YouTube, Wisnu Trijaya mengatakan, program ini menjadi angin segar karena dirinya akan semakin mudah untuk merekomendasikan produk-produk favoritnya.

"Sebagai pemilik bisnis kecil, program ini juga membuka peluang besar untuk memperkenalkan produk saya kepada khalayak yang lebih luas dan berkolaborasi dengan kreator yang memiliki semangat yang sama. Ini adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan membangun kesadaran brand mereka," kata Wisnu.

Cara Mendaftar YouTube Shopping Affiliates

Para konten kreator perlu mendaftarkan diri dan usahanya yang tergabung dalam Shopee sebelum mengikuti YouTube Shopping Affiliates. Kreator dan brand yang memenuhi persyaratan kelayakan dapat mempelajari lebih lanjut tentang Program YouTube Shopping Affiliates di sini dan mendaftar di YouTube Studio.

Ilustrasi tampilan YouTube Shopping Affiliates. Foto: dok. Istimewa
Ilustrasi tampilan YouTube Shopping Affiliates. Foto: dok. Istimewa

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan, pihaknya merasa senang dapat terlibat dalam kolaborasi ini. Dengan YouTube Shopping Affiliates, para pelaku UMKM dan brand lokal akan semakin mudah untuk menjangkau pembeli.

"Shopee senang dapat bekerja sama dengan YouTube dalam program inovatif yang membantu penjual di platform kami untuk bisa terhubung dengan lebih banyak calon pembeli melalui konten menarik yang diciptakan oleh para kreator YouTube," ucapnya.

Dari sisi pembeli, kata Monica, penonton dapat dengan mudah mulai berbelanja sambil menonton konten dari konten kreator favorit mereka. Pembeli dapat melihat daftar lengkap produk yang ditandai dan informasi tentang setiap produk secara sekilas di bagian deskripsi dan bagian 'Produk' dari video.

Jika mengklik produk yang disukai, konsumen akan langsung diarahkan ke halaman penjualan eksternal untuk pembelian yang cepat dan mudah. Konten kreator juga memiliki fleksibilitas untuk menandai produk, baik di video yang sudah ada maupun video baru, serta menyematkannya saat live streaming.

"Kami yakin bahwa kerja sama dengan YouTube akan mendukung penjual; termasuk produk lokal dan UMKM di platform kami untuk bisa lebih bertumbuh," pungkas Monica.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: