terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengenal Apa Itu Trust Issue dan Contohnya dalam Hubungan Percintaan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Apa Itu Trust Issue dan Contohnya dalam Hubungan Percintaan
Aug 22nd 2024, 12:00, by Adelia Sufri, kumparanWOMAN

Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: Shutterstock

Kepercayaan adalah hal salah satu pondasi krusial dalam hubungan percintaan. Ketika kepercayaan itu dirusak atau dilukai, biasanya akan sulit untuk kembali memercayai pasangan. Kondisi inilah yang disebut trust issue atau krisis kepercayaan.

Mungkin ada yang heran kenapa seseorang bisa sangat terluka sampai trauma ketika kepercayaannya dikhianati. Namun, sebenarnya ini hal yang normal dialami dalam sebuah hubungan.

Menurut Berkeley Well Being Institute, ketika seseorang memutuskan memercayai pasangannya, artinya dia merasa aman untuk bersikap rentan dan bergantung padanya. Nah, sekarang bayangkan orang yang rentan itu dikhianati, pastinya akan jadi pengalaman yang traumatis.

Namun, trust issue sebenarnya bukan hanya soal kepercayaan. Lantas, apa itu trust issue dan contohnya? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Memahami Apa Itu Trust Issue dan Contohnya

Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: Kmpzzz/Shutterstock
Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: Kmpzzz/Shutterstock

Kepercayaan yang rusak berkali-kali dapat membuat seseorang merasakan trust issue atau sulit percaya pada orang lain. Tapi tidak hanya itu, orang dengan trust issue juga sering kali yakin bahwa orang lain bertindak dengan sengaja untuk menyakitinya.

Trust issue juga membuat seseorang jadi selalu curiga dan skeptis pada orang lain. Tentunya, hal ini sangat berbahaya dalam sebuah hubungan karena dapat menciptakan konflik.

Salah satu contoh trust issue dalam hubungan adalah pengawasan daring. Mengutip laman Berkeley Well Being Institute, istilah pengawasan daring dirumuskan para psikolog dan merujuk pada pemantauan aktivitas media sosial pasangan.

Orang yang mengalami trust issue biasanya akan meminta password media sosial pasangan untuk melihat siapa saja yang di-follow, di-DM, dan lain sebagainya. Pengawasan daring ini biasanya tetap mereka lakukan sekalipun si pasangan selalu setia selama ini.

Contoh lain dari trust issue adalah memasang aplikasi pelacak di ponsel pasangan. Tujuannya untuk mengetahui tempat-tempat yang mereka kunjungi. Pelacakan ini juga untuk memastikan pasangan tidak berbohong terkait keberadaan mereka.

Tentunya hal-hal tersebut dapat memicu konflik dalam hubungan. Pasangan bisa saja marah karena merasa dicurigai terus-menerus. Sementara orang yang trust issue juga akan selalu cemas dan tidak bahagia.

Cara Mengatasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan

Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: TimeImage Production/Shutterstock
Ilustrasi Trust Issue dalam Hubungan Percintaan. Foto: TimeImage Production/Shutterstock

Mengatasi trust issue memang tidak mudah, sebab ini adalah masalah yang lahir dari trauma. Namun, bukan berarti masalah kepercayaan ini tidak bisa dihilangkan. Jika kamu merasa sulit percaya pasangan, cobalah lakukan tips dari Very Well Mind berikut ini.

  • Komunikasikan masalah trust issue yang kamu alami dengan pasangan. Ceritakan trauma yang membuat kamu sulit percaya terhadap pasangan. Ini akan membantu pasangan bertindak lebih pengertian dan mencari solusi yang cocok untuk hubungan kalian.

  • Jangan terlalu memegang kontrol. Orang yang trust issue biasanya merasa harus mengendalikan setiap situasi agar tidak dikhianati. Namun, cobalah perlahan-lahan membebaskan pasangan agar hubungan lebih bahagia.

  • Pertimbangkan melakukan terapi. Jika kamu merasa trust issue sudah terlalu membebani dan sulit diatasi, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi profesional dan melakukan terapi.

Baca Juga: 5 Tanda Emotional Abuse yang Kerap Tak Terlihat

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: