terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Cara Mengurus Asal Usul Anak dalam Akta Kelahiran - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Mengurus Asal Usul Anak dalam Akta Kelahiran
Jul 26th 2024, 21:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Mengurus Asal Usul Anak. Foto; dok. Unsplash/Markus Spiske
Ilustrasi Cara Mengurus Asal Usul Anak. Foto; dok. Unsplash/Markus Spiske

Cara mengurus asal usul anak merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui. Asal usul seorang anak dapat diketahui melalui akta kelahiran yang dimiliki seorang anak.

Untuk dapat mengurus asal usul anak, dibutuhkan beberapa dokumen yang perlu diserahkan. Salah satu persyaratannya adalah fotokopi KTP dari suami dan istri yang melupakan orang tua dari anak. Selain itu, masih ada beberapa syarat lainnya yang perlu diperhatikan.

Cara Mengurus Asal Usul Anak dalam Akta Kelahiran beserta Persyaratannya

Ilustrasi Cara Mengurus Asal Usul Anak. Foto; dok. Unsplash/Scott Graham
Ilustrasi Cara Mengurus Asal Usul Anak. Foto; dok. Unsplash/Scott Graham

Dikutip dari dalam buku berjudul Mudahnya Mengurus Semua Dokumen Tanpa Calo: Mengurus Dokumen Dengan Cepat, Mudah, dan Tidak Repot, Yayat Supriyatna (2015:19) akta kelahiran adalah dokumen pencatatan kelahiran anak atau akta catatan sipil dimana seorang bayi dilaporkan kelahirannya dan akan diberikan nomor induk keluarga dalam kartu keluarga.

Pembuatan akta kelahiran bagi anak merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar sang anak tercatat di dinas pencatatan sipil setempat. Tak hanya itu, akta kelahiran juga menjadi syarat utama untuk masuk sekolah. Akta kelahiran juga berguna untuk keperluan pemberkasan.

Melalui akta kelahiran anak, dapat diketahui berbagai informasi termasuk asal usul anak. Namun dalam beberapa kasus asal usul anak perlu diurus oleh orang tua. Asal usul anak ini menyebutkan silsilah anak dalam keluarga yang terjadi sebab hubungan pria dan wanita yang kemudian melahirkan seorang anak berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Untuk memudahkan dalam mengurus perihal asal usul anak, berikut ini adalah cara mengurus asal usul anak yang dapat dijadikan sebagai panduan mudah:

  1. Pihak Penggugat datang ke PTSP bagian Pendaftaran setelah mengambil antrian pendaftaran

  2. Pihak membayar panjar biaya perkara pada Bank yang ditunjuk (ada di PTSP) setelah mendapat rincian taksiran biaya dari petugas Pendaftaran

  3. Pihak menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas pendaftaran pada PTSP yang dilengkapi dengan dokumen persyaratan

  4. Petugas Pendaftaran (PTSP) meregister permohonan tersebut dan menyerahkan kembali satu rangkap surat permohonan yang telah diberi nomor perkara kepada pihak

  5. Selanjutnya pihak menunggu panggilan jurusita-jurusita pengganti untuk datang pada hari persidangan yang telah ditentukan

Selain memahami tahapan dalam mengurus asal usul anak, penting juga untuk diketahui dokumen persyaratan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Surat Permohonan (yang dibuat sendiri atau melalui Posbakum) dan disertakan dengan softcopy Surat Permohonan (File) di Flashdisk atau CD saat mendaftar

  • Fotokopi KTP Pemohon (Suami & Istri)

  • Fotokopi Kutipan Akta Nikah Pemohon

  • Surat Keterangan Nikah dibawah tangan dari Kepala Desa / Lurah

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) Pemohon

  • Fotokopi Penetapan Itsbat Nikah (jika ada)

  • Fotokopi Akta Kelahiran Anak atau Surat Kenal Lahir dari Bidan atau Lurah

  • Membayar panjar biaya perkara

Baca juga: Syarat Membuat Surat Kehilangan KTP ke Polsek yang Penting untuk Dipersiapkan

Itu dia cara mengutus asal usul anak yang dapat dijadikan sebagai panduan mudah bagi masyarakat. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: