terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Jadwal Pelajaran - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Jadwal Pelajaran
Jul 26th 2024, 21:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Jadwal Pelajaran Adalah, Foto: Unsplash/Drazen_.
Ilustrasi Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Jadwal Pelajaran Adalah, Foto: Unsplash/Drazen_.

Membuat jadwal pembelajaran tidak bisa sembarangan, agar tidak terjadi ketimpangan. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat jadwal pelajaran adalah harus jelas pembagian waktu dan kegiatannya.

Setiap guru dan mata pembelajaran memiliki alokasi waktunya masing-masing. Misalnya untuk pembelajaran PPKN SMA atau SMK, dalam satu minggu hanya ada dua jam pembelajaran. Pembagiannya ini juga harus didasarkan pada jumlah guru di sekolah tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Jadwal Pelajaran adalah Apa Saja?

Ilustrasi Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Jadwal Pelajaran Adalah, Foto: Unsplash/PixelCatchers.
Ilustrasi Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Jadwal Pelajaran Adalah, Foto: Unsplash/PixelCatchers.

Dikutip dari buku Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia karya Dr. H.M. Joharis Lubis, M.M., M.Pd. (2019: 58), inti kegiatan pendidikan di sekolah adalah pelaksanaan belajar mengajar di kelas.

Dengan demikian, maka penjadwalan pelajaran merupakan hal yang sangat penting. Jadwal ini disusun bukan hanya satu kelas, tetapi untuk seluruh kelas (sekolah).

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat jadwal pelajaran adalah sebagai berikut.

1. Alokasi Waktu yang Tepat

Setiap mata pelajaran harus diberikan alokasi waktu yang sesuai dengan kompleksitas dan pentingnya materi yang akan diajarkan. Misalnya, mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman mendalam seperti matematika atau sains mungkin memerlukan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan pelajaran lain.

2. Waktu Produktif Siswa

Pertimbangkan kapan siswa berada pada puncak produktivitas mereka. Biasanya, pagi hari adalah waktu yang ideal untuk pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sebaliknya, setelah makan siang, mungkin lebih baik untuk mata pelajaran yang lebih ringan atau aktivitas kreatif.

3. Jeda dan Istirahat

Penting untuk menyertakan jeda singkat di antara pelajaran agar siswa dapat beristirahat dan mengembalikan fokus mereka. Ini juga membantu mencegah kelelahan dan memastikan siswa tetap segar sepanjang hari.

4. Fleksibilitas Kegiatan

Jadwal harus fleksibel untuk mengakomodasi perubahan yang mungkin diperlukan selama tahun ajaran. Fleksibilitas ini penting untuk mengatasi situasi yang tidak terduga seperti penyesuaian kurikulum atau kebutuhan siswa.

5. Integrasi Aktivitas Ekstrakurikuler

Aktivitas ekstrakurikuler seperti olahraga, seni, dan klub minat khusus harus dimasukkan dalam jadwal untuk mendukung perkembangan holistik siswa.

Baca Juga: 7 Contoh Materi MPLS 2024 Tata Krama Siswa

Itulah hal yang harus diperhatikan dalam membuat jadwal pelajaran. Hal terpenting adalah pembagian waktu dan kegiatan yang jelas. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: