terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yang Punya Peran Penting - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yang Punya Peran Penting
Jul 26th 2024, 21:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yaitu. Sumber: Unsplash/Nikita Kachanovsky
Ilustrasi Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yaitu. Sumber: Unsplash/Nikita Kachanovsky

Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia. Komputer dapat bekerja secara maksimal jika seluruh sistemnya terpenuhi. Sistem komputer terbagi menjadi 3 elemen yaitu hardware, software, dan brainware.

Tiga elemen tersebut terdiri dari komponen yang berbeda. Contohnya adalah hardware yang memiliki komponen berupa CPU (Central Processing Unit) dan software yang mempunyai komponen berupa program-program komputer.

Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yaitu Apa?

Ilustrasi Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yaitu. Sumber: Unsplash/Farzad
Ilustrasi Sistem Komputer Terbagi Menjadi 3 Elemen yaitu. Sumber: Unsplash/Farzad

Komputer merupakan perangkat elektronik yang melekat dalam berbagai bidang pekerjaan manusia di masa kini. Beberapa contoh adalah penggunaan komputer dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan telekomunikasi.

Komputer sebagai perangkat elektronik dapat membantu berbagai macam pekerjaan manusia jika memiliki sistem yang utuh. Sistem komputer terbagi menjadi 3 elemen yaitu hardware, software, dan brainware.

Guna mengenal tiga elemen komputer secara jelas, berikut adalah definisi ringkas beserta contoh komponen-komponennya.

1. Hardware

Hardware adalah elemen komputer yang berupa perangkat keras. Elemen ini terdiri dari komponen elektronik yang memiliki dimensi, yakni panjang, tinggi, dan lebar. Beberapa contoh perangkat keras komputer, yaitu:

  • Monitor

  • CPU (Central Processing Unit)

  • Keyboard

  • Mouse

  • Harddisk

  • RAM

  • Motherboard

  • Printer

  • Speaker

  • Scanner

2. Software

Software adalah elemen komputer yang berupa perangkat lunak. Perangkat ini terdiri dari kumpulan program komputer yang dapat melakukan tugas tertentu.

Dikutip dari buku berjudul Buku Ajar Pengantar Ilmu Komputer, Bowo, dkk. (2024: 35), software berisi perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer. Beberapa contoh perangkat lunak, yaitu:

  • Aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word dan Focuswriter.

  • Aplikasi pengolah data, seperti Microsoft Excel dan Abacus.

  • Aplikasi pengolah gambar, seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw.

3. Brainware

Brainware adalah elemen yang mengoperasikan dan menggunakan, yakni manusia. Mengutip dari buku yang sama, Bowo, dkk. (2024:36), Susanto menjelaskan bahwa umumnya brainware sebagai sumber daya manusia terbagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  1. Pemilik

  2. Pemakai

  3. Perancang

  4. Pembangun

Baca juga: Pengertian Micro SD sebagai Salah Satu Hardware Penyimpanan

Jadi, jelas bahwa sistem komputer terbagi menjadi 3 elemen yaitu hardware, software, dan brainware. Walaupun tiga elemen tersebut memiliki komponen yang berbeda, setiap elemen sama-sama berperan penting dalam pengoperasian komputer. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: