terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Ini Penjelasan Lengkapnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Ini Penjelasan Lengkapnya
May 19th 2024, 21:19, by Berita Terkini, Berita Terkini

1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Daniel Quiceno M
1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Daniel Quiceno M

Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam dengan menyembelih hewan ternak. Ibadah ini bisa dilakukan secara mandiri atau bersama-sama. Yang sering menjadi pertanyaan adalah 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang.

Berdasarkan kajian dan pendapat para ulama memang diperbolehkan kurban sapi dengan bersama–sama. Namun untuk hewan seperti sapi dibatasi siapa saja yang boleh kurban. Tentunya hal ini wajib diketahui menjelang Hari Raya Idul Adha.

1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Ini Jawabannya

1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/David Dolenc
1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/David Dolenc

Dikutip dari buku Cara Berkurban karya Abdul Muta'al Al-Jabry, (1994) ibadah kurban merupakan ibadah yang hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Di luar waktu tersebut maka tidak bisa dikatakan sebagai ibadah kurban.

Ibadah kurban umat Islam diwajibkan untuk menyembelih hewan ternak sesuai dengan syariat Islam. Hewan kurban yang umum di Indonesia adalah sapi, kambing, dan domba. Selain jenis hewan yang sudah ditentukan, ibadah yang satu ini juga memiliki aturan lainnya yang harus dipahami oleh seluruh umat Islam.

Pertama hukum dari ibadah ini adalah sunnah mukkadah yaitu sunnah yang ditekankan dan sangat dianjurkan oleh orang yang sudah mampu. Hal tersebut didasarkan pada hadis berikut ini.

"Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami." (HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah)

Sementara itu untuk jenis hewan kurban yang boleh disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha dijelaskan dalam Surat Al-Hajj ayat 34 yang artinya sebagai berikut:

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS. Al-Hajj: 34).

Jika belum mampu menyembelih hewan seperti sapi maka diperbolehkan untuk patungan. Yang menjadi pertanyaan adalah 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang? Jawabannya adalah tujuh orang. Di mana hal tersebut merujuk pada hadis berikut ini.

"Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang." (Hadits Shahih, riwayat Muslim: 2322, Abu Dawud: 2426, al-Tirmidzi: 1422 dan Ibn Majah: 3123).

Baca juga: Ketentuan Kurban Kambing untuk Berapa Orang menurut Ajaran Islam

Jadi berdasarkan beberapa ulasan tersebut bisa disimpulkan bahwa kurban adalah ibadah yang hukumnya sunnah mukkadah. Sementara itu 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang jawabannya adalah tujuh orang. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: