terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Persiapan Pilkada, KPU DKI Segera Mutakhirkan Data Pemilih dan TPS - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Persiapan Pilkada, KPU DKI Segera Mutakhirkan Data Pemilih dan TPS
May 25th 2024, 20:51, by M Lutfan D, kumparanNEWS

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari, pada acara peluncuran tahapan pemilihan gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta 2024 di Monas, Jakarta, Sabtu (25/5). Foto: Luthfi Humam/kumparan
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari, pada acara peluncuran tahapan pemilihan gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta 2024 di Monas, Jakarta, Sabtu (25/5). Foto: Luthfi Humam/kumparan

KPU Provinsi DKI Jakarta bersiap menyelenggarakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2024 mendatang. Tahapan terdekat adalah pemutakhiran data pemilih melalui pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih.

"Tahapan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur ini akan ada namanya tahap pemutakhiran data pemilih, dalam pemutakhiran data pemilih," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari, kepada wartawan di Monas, Jakarta, Sabtu (25/5).

Sama dengan Pemilu lalu, pemutakhiran data pemilih ini akan dilakukan oleh Pantarlih (panitia pemutakhiran data pemilih). Data pemilih itu diterima dari Kemendagri melalui data potensial penduduk pemilih (DP4).

"Kami nanti melakukan tahapan pantarlih terlebih dahulu, lalu kemudian kami akan melakukan coklit ke rumah-rumah," ungkapnya.

Ilustrasi tinta di jari usai ikut Pemilu 2024. Foto: Shutterstock
Ilustrasi tinta di jari usai ikut Pemilu 2024. Foto: Shutterstock

KPU DKI juga segera melakukan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS). Sebab, dalam Pilkada, jumlah maksimal pemilih di TPS adalah 600 orang. Berbeda dengan Pemilu presiden dan legislatif lalu yakni 300 orang.

"Di Pemilu 2024 satu TPS maksimal 300, untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur maksimal 600. Sehingga nantinya akan ada perubahan jumlah TPS dari Pemilu dan Pilkada tahun 2024 ini," kata dia.

"Kalau 300 ke 600 kan artinya dua kali lipat, jadi bukan sekadar menggabungkan dua TPS menjadi satu. Tapi kami juga harus melihat dari jarak dari TPS," imbuhnya.

Meski jumlah pemilih bertambah, jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tidak akan ditambah. Jumlahnya sama seperti saat Pemilu lalu yakni tujuh orang.

Astri menjamin hal itu tidak akan menambah beban kerja. Karena di Pilkada hanya memiliki satu surat suara, berbeda dengan Pemilu ada lima jenis surat suara.

"Pilkada itu surat suaranya cuma satu aja, jadi kalau untuk beban kerja kami sudah memperhitungkan untuk beban kerja untuk 1 TPS itu 600 pemilih sudah kami perhitungkan," ucapnya.

Peluncuran tahapan tersebut juga dibalut dengan peluncuran jingle dan maskot Pilkada DKI. Maskotnya bernama Simayor yang merupakan akronim dari Si Macan Kemayoran. Sedangkan jingle Pilkada DKI diberi judul "Suara Kita Masa Depan Jakarta".

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: