terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Tiga Contoh Kegiatan Bermusyawarah di Sekolah maupun Lingkungan Tempat Tinggal - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tiga Contoh Kegiatan Bermusyawarah di Sekolah maupun Lingkungan Tempat Tinggal
May 25th 2024, 21:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah. Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko
Ilustrasi sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah. Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

Musyawarah adalah salah satu bentuk pengamalan Pancasila sila ke-4. Musyawarah sendiri dapat dilakukan dalam berbagai hal. Sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah!

Musyawarah diadakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan berunding dalam mencapai persetujuan. Dengan demikian, tidak ada pihak yang diunggulkan atau dirugikan.

Tiga Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Ilustrasi sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah. Foto: Unsplash/Ann Danilina
Ilustrasi sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah. Foto: Unsplash/Ann Danilina

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) musyawarah diartikan sebagai kegiatan-kegiatan membahas ataupun berdiskusi dengan tujuan mencapai keputusan dan penyelesaian masalah.

Kata musyawarah sendiri berasal dari bahasa Arab "syawara" yang artinya berunding, urun rembuk, atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2016) musyawarah dapat dikatakan sebagai suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

Agar musyawarah menghasilkan mufakat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Saling menghargai pendapat ketika musyawarah untuk mufakat dilaksanakan dalam tim kerja;

  2. Semua anggota tim kerja menggunakan tutur kata yang baik dalam musyawarah untuk mufakat;

  3. Kesabaran dalam musyawarah untuk mufakat dilaksanakan;

  4. Semua tim kerja diberikan hak berbicara ketika musyawarah untuk mufakat berlangsung;

  5. Bersedia mendengar pendapat orang lain dalam musyawarah untuk mufakat; dan

  6. Memberi maaf kepada anggota musyawarah untuk mufakat.

Sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah! Berikut referensi jawabannya.

1. Musyawarah di Kelas

Meskipun masih menjadi pelajar dan di ruang lingkup kecil, musyawarah di kelas tetap dibutuhkan. Sebagai contoh siswa menentukan jadwal piket, menentukan struktur organisasi kelas, hingga menentukan pembagian yang diberikan guru.

2. Musyawarah di Rumah

Tanpa disadari, rumah menjadi salah tempat yang sering melakukan musyawarah. Contohnya ketika menentukan pembagian tugas untuk membersihkan rumah, menyelesaikan pertengkaran antara adik dan kakak, hingga menentukan destinasi untuk liburan.

3. Musyawarah di RT

Musyawarah juga sering dilakukan di lingkungan Rukun Tetangga atau RT. Hal ini digunakan untuk menyelesaikan masalah atau menentukan suatu kegiatan bersama.

Misalnya adalah menentukan jadwal ronda, menentukan waktu untuk kegiatan gotong royong, menyelesaikan permasalahan antar warga, pemilihan panitia dan kegiatan HUT RI di kampung, hingga memilih ketua RT.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Kunci Keberhasilan Musyawarah

Dari penjelasan sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah di atas, dapat diketahui bahwa kegiatan ini digunakan untuk memecahkan masalah secara kekeluargaan sesuai dengan Pancasila. Dengan demikian, keputusan yang diambil harus dipenuhi demi kepentingan bersama .(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: