terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download
>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:
Minyak Rem Motor Ternyata Ada Usia Pakainya, Wajib Kuras dan Ganti Baru - my blog
Jun 23rd 2024, 06:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO
Sama seperti bagian motor lainnya, rem pun wajib mendapat perawatan. Kalau diabaikan bisa saja rem tidak berfungsi secara optimal dan bisa berakibat fatal.
Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT AHM Sarwono Edhi menjelaskan, performa rem motor bisa menurun apabila tidak dirawat. Penyebabnya bisa kanvas rem yang sudah keras atau minyak rem yang sudah melebihi usia pakai.
"Minyak rem itu punya masa kedaluwarsa. Berdasarkan buku servis setiap dua tahun atau setiap 24 ribu kilometer minyak rem harus diganti," kata Sarwono saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
Penambahan minyak rem tidak disarankan
Ketika servis rem yang sudah tidak pakem, biasanya pihak bengkel atau konsumen hanya menambahkan minyak rem. Cara itu tidak direkomendasikan oleh Sarwono.
"Minyak rem harusnya diganti secara keseluruhan, dibuang minyak rem yang lama. Itu karena minyak rem itu sifatnya menyerap air atau Hygroscopic jadi kalau sudah berkurang lebih baik langsung sekalian ganti.
Mencegah rem blong
Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh atau ke daerah yang belum pernah didatangi, ada baiknya merencanakan rute perjalanannya terlebih dahulu.
"Semisal kita mau ke puncak, nanti turunannya sekian. Itu sudah direncanakan jadi pengendara harus tahu cara ngeremnya, jadi kecepatan sudah diatur" jelasnya.
"Lalu teknik ngeremnya itu tidak bareng-bareng kalau turunannya curam. Jadi gantian, dimainten kecepatannya kira-kira enggak terlalu kencang, tentunya gasnya juga enggak turun ya. Tujuannya agar minyak rem tidak panas yang dapat menyebabkan rem blong," imbuhnya.
Kalau di perjalanan sudah rem mulai los atau blong, Sarwono menyarankan untuk berhenti. Selanjutnya cek kondisi remnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar