terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengenal Perbedaan MP3 dan MP4 berdasarkan Formatnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Perbedaan MP3 dan MP4 berdasarkan Formatnya
Jun 28th 2024, 23:45, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi perbedaan mp3 dan mp4. Sumber: Unsplash/Amanz
Ilustrasi perbedaan mp3 dan mp4. Sumber: Unsplash/Amanz

Saat hendak membuat format media digital yang berhubungan dengan file audio, sebaiknya pahami lebih dulu perbedaan MP3 dan MP4. Meski keduanya sama-sama jenis file audio, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Sederhananya, MP3 adalah penyimpanan untuk format audio saja. Sedangkan MP4 bisa untuk menyimpan lebih banyak jenis berkas.

Perbedaan Mp3 dan Mp4

Ilustrasi perbedaan mp3 dan mp4. Sumber: Unsplash/Shawn Rain
Ilustrasi perbedaan mp3 dan mp4. Sumber: Unsplash/Shawn Rain

Perbedaan MP3 dan MP4 yang utama bisa dilihat dari pengertiannya. Dalam situs geeksforgeeks.com disebutkan bahwa MP3 meupakan singkatan dari MPEG Audio Layer 3. Ini merupakan format berkas yang dibuat Moving Picture Experts Group (MPEG).

MP3 diciptakan untuk menyimpan info audio, seperti musik dalam bentuk digital. Namun, ukuran file yang digunakan lebih kecil daripada format yang digunakan CD atau compact disc.

Fungsi MP3 mengambil file audio digital asli, kemudian secara selektif menghapus potongan data yang tidak dikenali oleh telinga manusia. Dengan cara ini, MP3 mampu menyimpan data pada tingkat yang sangat terkompresi tanpa mengorbankan kualitas.

Sementara MP4 adalah format berkas yang juga dibuat dengan Moving Picture Experts Group (MPEG), tetapi merupakan versi lebih barunya. MP4 atau MPEG-4 AVC (Advancad Video Coding) bisa dipakai untuk menyimpan audio, video, gambar, teks, maupun subtitle.

Selain pengertian tersebut, masih ada perbedaan lainnya sebagai berikut:

1. Tahun Rilis

MP3 dirilis pada 1991 kemudian dirilis kembali dengan format baru pada 1994. Sementara MP4 merupakan format berkas baru dan dirilis pada tahun 2003.

2. Jenis File Format

Format MP3 digunakan untuk penyimpanan audio saja. Biasanya menggunakan ekstensi .mp3. Sementara MP4 merupakan jenis berkas format untuk multimedia dan bisa dipakai untuk beragam format ekstensi seperti .mp4, .m4v, .m4r, .m4b, .m4p, dan .m4a.

3. Kompabilitas

MP4 cocok dibuka pada perangkat yang mendukung pemutaran video dan audio. Perangkat yang mendukung MP3 hanya dapat memutar satu jenis berkas audio yang ada di dalamnya.

4. Penyimpanan Data

MP4 biasanya menghabiskan lebih banyak ruang di perangkat. Sebaliknya,berkas MP3 ukurannya lebih kecil.

Baca juga: Tuliskan tentang Berbagai Bentuk Perubahan Produk Media Digital! Ini Contohnya

Demikianlah perbedaan MP3 dan MP4 yang perlu diketahui. Kini, sudah paham perbedaan keduanya, kan? (SASH)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: