terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Dirjen Imigrasi: 21 Aplikasi Imigrasi Terdampak Ransomware PDN Sudah Pulih - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dirjen Imigrasi: 21 Aplikasi Imigrasi Terdampak Ransomware PDN Sudah Pulih
Jun 28th 2024, 22:37, by Wisnu Prasetiyo, kumparanNEWS

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/6/2024). Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/6/2024). Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim menyatakan terdapat 21 aplikasi yang terdampak oleh serangan siber ransomware ke server Pusat Data Nasional (PDN). Termasuk yang terkait visa dan paspor.

"Jadi di imigrasi itu ada 21 aplikasi yang terdampak. Pertama, ada beberapa kaitan dengan visa, izin tinggal yang tadi saya sebutkan lah panjang tuh kan. M-Paspor, paspor, API manajemen, manajemen dokumen, seterusnya ada 21," ujar Silmy dalam konferensi pers terkait Upaya Pemulihan Pelayanan Keimigrasian, dampak Server PDN Kominfo Down di Penang Bistro, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

File dari 21 aplikasi tersebut ada 565 VMware. Di mana file tersebut tidak dapat diakses karena PDN terkunci akibat serangan ransomware.

"565 VMware. Nah kalau dibilang hilang, yang bisa jawab tidak bisa diakses, berhubung PDNnya itu terkunci kena ransomware," ucap Silmy.

Ia juga mengatakan, file tersebut tidak dapat diakses, kecuali sudah memberikan tebusan untuk kembali memulihkan PDN beserta data aplikasi dan file Imigrasi.

"Kenapa ransomware? Karena dia minta tebusan. Kalau dikasih tebusannya maka dikasih kuncinya," pungkasnya.

Ilustrasi Ransomware. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Ransomware. Foto: Shutterstock

Saat ini seluruh layanan keimigrasian sudah kembali pulih 100 persen. Ia mengatakan, total ada 431 layanan paspor di Indonesia dan 151 layanan paspor di luar negeri. Hal tersebut menjadikan paspor yang paling terakhir direcover.

"Pertama, total ada 431 layanan di seluruh Indonesia dan 151 itu ada di luar negeri, di layanan paspor. Makanya paspor itu yang paling terakhir recover. Karena satu per satu harus dilakukan setting ulang," ucap Silmy.

Silmy juga mengatakan, data Imigrasi digunakan oleh 22 Kementerian yang lain.

"Dukcapil pakai, Bea Cukai pakai, Kemenlu pakai, otomatis kalau Dirjen Anggaran kaitan pembayaran, Kemenaker, Kementerian Investasi, KPK, POLRI, Kejaksaan, BNPB, dan seterusnya sampai Direktorat Jenderal Pajak. Ini juga kita harus buka satu-satu," tuturnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: