terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengonsumsi atau Mengkonsumsi, Kata Mana yang Benar sesuai KBBI? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengonsumsi atau Mengkonsumsi, Kata Mana yang Benar sesuai KBBI?
Jun 28th 2024, 21:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi mengonsumsi atau mengkonsumsi yang benar dalam KBBI. Foto: Unsplash/Richa Sharma
Ilustrasi mengonsumsi atau mengkonsumsi yang benar dalam KBBI. Foto: Unsplash/Richa Sharma

Penulisan suatu kata yang tepat sering ditanyakan oleh banyak banyak orang. Hal ini disebabkan penulisan sesuai kaidah bahasa diperlukan karena berbagai alasan, seperti saat menyusun skripsi. Salah satu kata yang sering ditanyakan adalah mengonsumsi atau mengkonsumsi.

Tak hanya mengetahui penulisan yang tepat saja, namun juga alasan di baliknya. Hal ini bisa menambah pemahaman wawasan kebahasaan.

Mengonsumsi atau Mengkonsumsi, Mana yang sesuai KBBI?

Ilustrasi mengonsumsi atau mengkonsumsi yang benar dalam KBBI. Foto: Unsplash/Alexander Grey
Ilustrasi mengonsumsi atau mengkonsumsi yang benar dalam KBBI. Foto: Unsplash/Alexander Grey

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah kamus resmi dan otoritatif yang menjadi acuan dalam menentukan kata yang benar dalam bahasa Indonesia.

KBBI sendiri merupakan terbitan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai lembaga di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam KBBI, tidak hanya untuk menemukan penulisan kata yang tepat, namun dilengkapi dengan definisi suatu kata, asal usul, penggunaan kata, hingga contoh penggunaannya.

Lalu, bagaimana dengan penulisan yang benar antara mengonsumsi dan mengkonsumsi menurut KBBI?

Dikutip dari buku Bentuk dan Pilihan Kata: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa oleh Mustakim (2015) dalam penggunaan kata dengan imbuhan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pengimbuhan adalah proses pembentukan kata dengan menambahkan imbuhan pada kata dasar. Imbuhan yang terletak pada awal kata dasar disebut dengan awalan atau prefiks.

Adapun awalan dalam bahasa Indonesia yakni meng-, di-, peng-, ber-, ter- dan se-. Ada 2 hal yang terjadi jika awalan meng- diimbuhkan pada awal kata dasar yaitu:

  • Awalan meng- jika bertemu dengan fonem berhuruf awal k, g, h, kh dan vokal tetap menjadi meng-.

  • Awalan meng- jika bertemu dengan fonem berhuruf awal k, p, s, t maka huruf awal tersebut luluh.

Jika kata dasarnya adalah konsumsi menurut KBBI, lalu mendapatkan imbuhan meng-, maka kata yang tepat adalah mengonsumsi, bukan mengkonsumsi.

Baca Juga: Telanjur atau Terlanjur, Mana Istilah Bahasa Indonesia yang Benar?

Demikianlah penjelasan singkat tentang kata yang benar sesuai KBBI antara mengkonsumsi atau mengkonsumsi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang bagaimana cara menulis imbuhan kata dalam bahasa Indonesia. (MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: