terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Sejarah Ibadah Haji yang Wajib Diketahui Umat Islam - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Ibadah Haji yang Wajib Diketahui Umat Islam
May 23rd 2024, 21:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sejarah Ibadah Haji. Sumber: Pexels/Mutahir Jamil
Ilustrasi Sejarah Ibadah Haji. Sumber: Pexels/Mutahir Jamil

Haji ialah rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu. Maka dari itu ada jutaan umat Islam dari seluruh dunia yang datang ke tanah suci untuk melaksanakannya. Namun sebelum itu, sejarah ibadah haji perlu diketahhui dulu.

Ibadah haji telah dilakukan oleh para nabi. Ibadah haji pertama kali diperintahkan kepada Nabi Ibrahim.

Mengenal Sejarah Ibadah Haji

Ilustrasi Sejarah Ibadah Haji. Sumber: Pexels/Yasirgurbuz
Ilustrasi Sejarah Ibadah Haji. Sumber: Pexels/Yasirgurbuz

Umat Islam di seluruh dunia pasti sudah tidak asing lagi dengan ibadah haji. Dikutip dari website haji.kemenag.go.id, ibadah haji adalah rukun Islam kelima bagi orang Islam yang mampu untuk melaksanakan serangkaian ibadah tertentu di Baitullah, masyair, serta tempat, waktu, dan syarat tertentu.

Meskipun termasuk ke dalam rukun Islam, masih banyak orang yang tidak mengetahui sejarah ibadah haji. Padahal ibadah haji telah dilaksanakan pada zaman para nabi.

Perintah untuk melaksanakan ibadah haji pertama kali turun pada masa Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail dipercaya oleh Allah Swt. untuk membangun Ka'bah.

Setelah Ka'bah selesai dibangun, Allah Swt. memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyerukan perintah melaksanakan ibadah haji. Kemudian Nabi Ibrahim naik ke bukit di selatan Ka'bah (Jabal Qubays) untuk menyerukan perintah dari Allah Swt. tersebut.

Setelah menyerukan perintah Allah, Malaikat Jibril menunjukkan Bukit Shafa, Marwah, hingga perbatasan Tanah Haram untuk diletakkan batu kepada Nabi Ibrahim.

Sejak saat itu, Nabi Ibrahim melaksanakan haji sesuai dengan cara yang telah diajarkan kepadanya. Bahkan Nabi Ibrahim melaksanakan haji setiap tahun hingga ajal menjemput dirinya.

Sepeninggal Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, cara serta tujuan ibadah haji banyak diubah. Bangsa Arab menyekutukan Allah dengan patung berhala yang diletakkan di sekitaran Ka'bah maupun di Tanah Haram.

Suasana Ka'bah pada waktu itu menyerupai sirkus. Banyak orang yang bertepuk tangan, bersiul, dan riuh suara terompet. Hasil darah penyembelihan saat kurban bahkan disiram ke Ka'bah.

Tradisi-tradisi yang menyimpang tersebut berlangsung lebih dari dua ribu tahun. Tradisi menyimpang tersebut berubah setelah Nabi Muhammad saw. datang.

Pada masa kenabiannya, Rasulullah diutus untuk memperbaiki syariat Nabi Ibrahim. Selain itu juga Rasulullah meluruskan kekeliruan dari tradisi bangsa Arab Jahiliyah yang menyimpang tersebut.

Pada masa Nabi Muhammad, Ka'bah kembali menjadi tempat suci. Berhala di sekitar Ka'bah dihancurkan. Ritual haji pada masa Nabi Ibrahim dikembalikan.

Baca juga: Dalil yang Menjelaskan tentang Ibadah Haji bagi yang Mampu

Demikian penjelasan singkat mengenai sejarah ibadah haji. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasans seputar agama Islam. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: