terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Pengertian Gerakan Reformasi di Indonesia dan Sejarahnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Gerakan Reformasi di Indonesia dan Sejarahnya
May 16th 2024, 23:22, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan pengertian gerakan reformasi. Sumber: Pexels/Mathias Reding
Ilustrasi jelaskan pengertian gerakan reformasi. Sumber: Pexels/Mathias Reding

Pada tahun 1998 Indonesia mengalami transformasi besar-besaran melalui gerakan reformasi. Sebelum mempelajari hal ini lebih lanjut, sebaiknya pahami lebih dulu mengenai jelaskan pengertian gerakan reformasi.

Berdasarkan KBBI online, kbbi.kemdikbud.go.i, arti kata reformasi adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, atau agama) dalam suatu masyarakat atau negara. Kata kunci dari reformasi adalah perubahan.

Jelaskan Pengertian Gerakan Reformasi

Ilustrasi jelaskan pengertian gerakan reformasi. Sumber: Unsplash/Michal Parzuchowski
Ilustrasi jelaskan pengertian gerakan reformasi. Sumber: Unsplash/Michal Parzuchowski

Generasi kiwari mungkin banyak yang tidak mengerti tentang gerakan reformasi yang terjadi di tahun 1998. Hal ini mengingat jeda waktunya yang sudah sangat lama dan juga bias informasi yang kerap muncul di sosial media. Untuk itu, tak ada salahnya untuk jelaskan pengertian gerakan reformasi kepada generasi muda.

Dikutip dari modul kuliah Pendidikan Pancasila "Gerakan Reformasi" yang ditulis oleh Suranto dan bisa diakses pada laman /staffnew.uny.ac.id, reformasi ialah suatu gerakan untuk memformat ulang, menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format yang sesuai dengan nilai-nilai ideal yangdicita-citakan rakyat.

Gerakan reformasi merupakan gerakan masyarakat yang dipelopori oleh mahasiswa sebagai reaksi atas praktik-praktik pemerintahan yang menyimpang dari harapan rakyat.

Reformasi 1998 merupakan respons terhadap berbagai masalah yang melanda Indonesia, termasuk krisis ekonomi, korupsi yang merajalela, pelanggaran hak asasi manusia, dan monopoli kekuasaan.

Demonstrasi besar-besaran oleh mahasiswa dan masyarakat sipil di seluruh negeri memaksa presiden Soeharto mengundurkan diri setelah 32 tahun berkuasa. Momentum ini menjadi titik balik penting dalam sejarah Indonesia.

Beberapa perubahan penting yang dihasilkan oleh Gerakan Reformasi antara lain:

  1. Demokratisasi Sistem Politik: Setelah Soeharto mundur, Indonesia mulai menjalankan pemilu yang lebih bebas dan adil, membuka ruang bagi partisipasi politik yang lebih luas dan beragam.

  2. Pemberantasan Korupsi: Pembentukan lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan komitmen yang lebih serius dalam memerangi korupsi.

  3. Reformasi Hukum dan HAM: Pemerintah mengadopsi berbagai undang-undang baru untuk melindungi hak asasi manusia dan memastikan kebebasan berpendapat serta berkumpul.

  4. Desentralisasi Pemerintahan: Pelaksanaan otonomi daerah memberikan lebih banyak kekuasaan kepada pemerintah daerah untuk mengatur urusan mereka sendiri, meningkatkan partisipasi lokal dalam pemerintahan.

Baca juga: Bentuk Implementasi dari Reformasi Kelembagaan di Sektor Keamanan

Demikianlah jawaban untuk pertanyaan jelaskan pengertian gerakan reformasi. Gerakan Reformasi bukan hanya bagian dari sejarah Indonesia, tetapi juga fondasi untuk masa depan yang lebih baik. Partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi dan keberlanjutan reformasi adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan demokratis. (SASH)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: