terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaatnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaatnya
May 16th 2024, 22:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. Sumber: Unsplash/Paul Teysen
Ilustrasi Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. Sumber: Unsplash/Paul Teysen

Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. Pedagangan adalah hal yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian suatu negara.

Bisa dibilang bahwa perdagangan adalah salah satu sektor ekonomi yang menjadi indikator penentu kesejahteraan perekonomian masyarakat suatu negara. Tak heran jika akhirnya pemerintah juga fokus pada perdagangan internasional yang menjanjikan.

Suatu Kegiatan dalam Proses Pertukaran Barang dan Jasa Antar Negara Disebut Perdagangan Internasional

Ilustrasi Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. Sumber: Unsplash/Cuttersnap
Ilustrasi Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. Sumber: Unsplash/Cuttersnap

Perdagangan adalah pertukaran barang dan jasa yang saling menguntungkan dan didasarkan pada kemauan sukarela kedua belah pihak. Suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional.

Perdagangan internasional lebih dikenal dengan istilah ekspor dan impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang dan jasa dari luar negeri.

Pasar perdagangan internasional saat ini terbuka karena adanya organisasi perdagangan bebas di berbagai kawasan, seperti misalnya Asean Free Trade Area (AFTA) atau kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara.

Selain itu, ada juga Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), sebuah kerjasama ekonomi antara negara-negara yang berada di kawasan Adia dan Pasifik.

Dalam lingkup lebih luas ada World Trade Organization (WTO), sebuah organisasi perdagangan internasional yang juga bertugas untuk mengatur dan mengawasi perdagangan bebas dunia.

Perdagangan internasional membawa banyak dampak positif bagi negara. Berikut ini beberapa dampak positifnya.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas ekonomi nasional.

  • Menambah perolehan devisa bagi negara pelaku perdagangan internasional.

  • Menyebabkan terjadinya alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

  • Memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri di dalam negeri.

  • Memperluas pasar bagi barang hasil produksi dalam negeri.

  • Menjalin kerjasama antarnegara dan arus pertukaran barang antar negara.

  • Menambah pendapatan negara dari bea yang akan dibayar oleh eksportir dan importir.

  • Mempererat persahabatan antarnegara yang melakukan perdagangan internasional.

Baca juga: Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Perdagangan Internasional

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa suatu kegiatan dalam proses pertukaran barang dan jasa antar negara disebut perdagangan internasional. (SASH)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: