terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kapan Kurban Dilaksanakan? Ini Penjelasannya sesuai Syariat Islam - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kapan Kurban Dilaksanakan? Ini Penjelasannya sesuai Syariat Islam
May 19th 2024, 21:20, by Berita Terkini, Berita Terkini

Kapan Kurban Dilaksanakan? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Annie Spratt
Kapan Kurban Dilaksanakan? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Annie Spratt

Ibadah kurban adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan kurban kemudian membagikannya kepada mereka yang berhak. Kapan kurban dilaksanakan sudah ditentukan sejak zaman Rasulullah Saw.

Hal tersebut dijelaskan dalam ayat Al-Quran dan juga dalam hadis yang membahas mengenai ibadah kurban. Selain waktu, ketentuan dan juga hal lain yang berhubungan dengan ibadah ini telah dijelaskan secara gamblang di dalam Al-Quran serta hadis.

Kapan Kurban Dilaksanakan? Ini Jawabannya

Kapan Kurban Dilaksanakan? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Rishabh Dharmani
Kapan Kurban Dilaksanakan? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Rishabh Dharmani

Dikutip dari laman resmi Bimas Islam Kemenag RI Bimasislam.kemenag.go.id, perayaan Idul Adha merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia. Karena menjadi ibadah yang bisa menyenangkan dan membahagiakan orang lain.

Ibadah ini dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak kemudian memberikannya kepada mereka yang secara syariat Islam diperbolehkan untuk menerima. Ibadah ini memiliki makna mendalam bagi siapa saja.

Al-Quran dan hadis menjelaskan bahwa hukum dari ibadah ini adalah sunnah mukkadah. Sunnah ini bisa diartikan sebagai sunnah yang sangat dianjurkan terutama untuk mereka yang sudah mampu untuk melaksanakannya.

Hal tersebut dikarenakan dalam melakukan ibadah kurban diperlukan pengorbanan secara materi dan dalam Islam tidak ada ibadah yang justru membebani umatnya. Oleh karena itu kurban dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu.

Lalu kapan kurban dilaksanakan? Dikutip dari buku Esensi Kurban dalam Islam karya Hafidz Muftisany, (2021) kurban dilakukan setelah salat Idul Adha yaitu antara matahari setinggi tombak pada tanggal 10 Zulhijjah hingga terbenamnya matahari pada tanggal 13 Zulhijjah. Artinya penyembelihan hewan kurban tidak harus diselesaikan pada hari itu juga.

Islam juga telah mengatur hewan apa saja yang boleh dikurbankan. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Al-Hajj ayat 34 yang artinya sebagai berikut.

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS. Al-Hajj: 34).

Baca juga: Sejarah Pelaksanaan Ibadah Kurban dan Manfaatnya

Jadi kapan kurban dilaksanakan adalah setelah salat Idul Adha atau pada tanggal 10 Zulhijjah hingga 10 Zulhijjah. Pembahasan ini akan menambah pemahaman mengenai ibadah kurban secara mendalam. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: