terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apakah yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal?
May 23rd 2024, 21:43, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustarsi untuk apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustarsi untuk apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

Apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Secara sederhana, pengertian disiplin dapat dipahami sebagai sikap taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku. Kedisiplinan perlu dipupuk sejak usia dini.

Sedangkan nilai-nilai kebajikan universal adalah nilai kebajikan yang terlah disepakati bersama. Dalam pendidikan, jika kedua hal tersebut jika diterapkan bersama dapat menuntun karakter siswa ke arah yang lebih positif.

Apakah yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebijakan Universal?

Ilustrasi untuk apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi untuk apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

Apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal? Disiplin diartikan sebagai ketaatan (kepatuhan) terhadap peraturan. Dalam pendidikan karakter, disiplin memiliki peranan yang sangat penting. Disiplin dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih bertanggung jawab pada dirinya dan lingkungan sekitar.

Menurut buku Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa oleh Agustin Sukses Dakhi (2020: 6), disiplin memiliki dua bentuk yaitu disiplin preventif dan siplin korektif. Disiplin preventif adalah suatu upaya untuk menggerakkan siswa mengikuti dan memathui pedoman dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Sedangkan disiplin korektif upaya menggerakkan siswa dalam menyatukan suatu peraturan emngarahkan untuk mematuhi peraturan sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Tujuan diterapkannya kedisplinan pada siswa adalah agar siswa dapat menaati peraturan dan berdisiplin diri. Disiplin adalah kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan menaati norma-norma yang berlaku.

Kedisiplinan dapat dibentuk dengan cara positif di sekolah. Caranya adalah dengan menerapkan disiplin positif. Menurut buku Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi oleh Guru SMPN 1 Ciwidey (2024: 6), disiplin positif ditumbuhkan pada diri seorang anak tanpa hukuman dan hadiah.

Lingkungan anak, seperti keluarga dan sekolah, menetapkan batasan yang jelas tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk kepentingan bersama.

Disiplin positif dapat diwujudkan dengan upaya restitusi, yaitu upaya mendisiplinkan siswa tetapi dengan cara siswa sendiri yang melakukannya.

Disiplin positif dapat mewujudkan budaya positif di sekolah. Dengan adanya budaya positif, siswa dapat menerapkan nilai-nilai kebijakan universal di sekolah dan di mana saja.

Nilai kebajikan universal adalah nilai-nilai yang disepakati bersama. Nilai-nilai kebijakan universal itu antara lain keadilan, keselamatan, tanggung jawab, kejujuran, rasa syukur, berpinsip, integritas, kasih sayang, rajin, berkomitmen, percaya diri, kesabaran, dan keamanan.

Baca juga: 5 Keuntungan Hidup Disiplin yang memberikan Dampak Positif

Demikian pembahan untuk jawaban apakah yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal. Disiplin dapat menumbuhkan karakter positif dalam diri siswa sehingga harus dipupuk sejak usia dini. (IND)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: