terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Alasan Sumpah Pemuda Dikatakan sebagai Pendorong Pergerakan Nasional - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Sumpah Pemuda Dikatakan sebagai Pendorong Pergerakan Nasional
May 19th 2024, 21:21, by Berita Terkini, Berita Terkini

Mengapa Sumpah Pemuda Dikatakan Sebagai Pendorong Pergerakan Nasional? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mufid Majnun
Mengapa Sumpah Pemuda Dikatakan Sebagai Pendorong Pergerakan Nasional? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mufid Majnun

Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah dan perkembangan Indonesia melawan para penjajah. Peristiwa ini sangat erat hubungannya dengan pemuda Indonesia. Lalu mengapa Sumpah Pemuda dikatakan sebagai pendorong pergerakan nasional.

Ada beberapa alasan mengapa peristiwa penting ini menjadi alasan dan juga mendorong terjadinya pergerakan nasional melawan penjajah, terutama dikalangan generasi muda. Salah satunya adalah karena adanya rasa nasionalisme yang tinggi dan rasa ingin keluar dari penjajahan serta menjadi negara yang merdeka.

Mengapa Sumpah Pemuda Dikatakan Sebagai Pendorong Pergerakan Nasional? Ini Jawabannya

Mengapa Sumpah Pemuda Dikatakan Sebagai Pendorong Pergerakan Nasional? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mufid Majnun
Mengapa Sumpah Pemuda Dikatakan Sebagai Pendorong Pergerakan Nasional? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mufid Majnun

Dikutip dari buku Makna Sumpah Pemuda karya Sri Sudarmiyatun, (2012) Sumpah Pemuda merupakan ikrar kebangsaan yang merupakan hasil keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada 27–28 Oktober 1928.

Sumpah Pemuda yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1928, bukan sekadar ikrar persatuan para pemuda. Lebih dari itu, Sumpah Pemuda menjadi tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia, mengantarkan bangsa menuju gerbang kemerdekaan.

Sebelum Sumpah Pemuda, pergerakan nasional Indonesia masih terkotak-kotak dalam ikatan kesukuan dan kedaerahan. Rasa nasionalisme belum sepenuhnya tertanam, sehingga perjuangan kemerdekaan terasa terhambat.

Namun, Sumpah Pemuda bagaikan api pemersatu yang membakar semangat para pemuda dari berbagai penjuru nusantara. Ikrar "Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa" menggema di Kongres Pemuda Kedua, mengukuhkan tekad mereka untuk bersama-sama melawan penjajah Belanda.

Berikut adalah beberapa alasan mengepa Sumpah Pemuda dikatakan sebagai pendorong pergerakan nasional.

1. Lahirnya Semangat Nasionalisme

Sumpah Pemuda menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat di kalangan pemuda. Mereka tidak lagi terikat oleh batas-batas kesukuan dan kedaerahan, melainkan bersatu padu sebagai satu bangsa Indonesia.

2. Persatuan dan Kesatuan

Sumpah Pemuda menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa. Para pemuda dari berbagai latar belakang bersatu untuk mencapai tujuan bersama, yaitu kemerdekaan Indonesia.

3. Arah Perjuangan yang Jelas

Sumpah Pemuda memberikan arah yang jelas bagi pergerakan nasional. Para pemuda memiliki tujuan yang sama, yaitu kemerdekaan Indonesia, dan mereka bersatu untuk mewujudkannya.

Baca juga: Tujuan Semangat Sumpah Pemuda Perlu Dijaga

Demikian adalah pembahasan mengenai alasan mengapa Sumpah Pemuda dikatakan sebagai pendorong pergerakan nasional. Sumpah Pemuda menjadi momen yang menyatukan seluruh pemuda di Indonesia. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: