terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Populer: Pansus Mark Up Beras Bulog Rp 2,7 T; Bisnis Klenik Jadi Cuan di Medsos - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Populer: Pansus Mark Up Beras Bulog Rp 2,7 T; Bisnis Klenik Jadi Cuan di Medsos
Jul 8th 2024, 05:58, by Moh Fajri, kumparanBISNIS

Sejumlah pekerja memikul karung beras di Gudang Bulog, Medan, Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024). Foto: Yudi Manar / ANTARA FOTO
Sejumlah pekerja memikul karung beras di Gudang Bulog, Medan, Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024). Foto: Yudi Manar / ANTARA FOTO

Berita soal dugaan kasus mark up impor beras Bulog senilai Rp 2,7 triliun menjadi salah satu berita populer di kumparanBisnis sepanjang Minggu (7/7).

Selain itu, ada juga informasi mengenai bisnis klenik yang raup cuan di media sosial tak kalah menyita perhatian publik.

Berikut rangkumannya:

Kasus Dugaan Skandal Mark Up Impor Beras Bulog

Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait dugaan skandal adanya mark up (selisih harga) impor 2,2 juta ton beras Bulog senilai Rp 2,7 triliun dan kerugian negara akibat demurrage (denda) impor beras senilai Rp 294,5 miliar.

Daniel Johan memandang pembentukan Pansus di DPR bertujuan untuk mengungkap segala kebenaran terkait skandal impor beras yang menyeret nama Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dan Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.

Daniel Johan, Wakil Ketua Komisi IV DPR. Foto: Aria Pradana/kumparan
Daniel Johan, Wakil Ketua Komisi IV DPR. Foto: Aria Pradana/kumparan

"Kami akan usulkan jadi bisa diungkap sejauh mana kebenarannya," kata Daniel Johan dalam keterangannya, Minggu (7/7).

Selan itu, menurut dia pembentukan pansus skandal impor beras diperlukan untuk memperbaiki tata kelola pangan Indonesia, sebagai komitmen dan langkah pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Bisnis Klenik di Media Sosial Makin Ramai

Di TikTok belakangan mendadak ramai penerawangan atau cek khodam yang kemudian menjadi tren baru.

Masyarakat Indonesia memang memiliki kebiasaan meyakini hal-hal berbau supranatural hingga kepercayaan terhadap roh leluhur yang telah turun temurun dan berlangsung lama, sedari tradisi lisan masih kentara.

Khodam misalnya, yang dalam budaya Jawa dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi pemilik weton, mulai dari perlindungan hingga kekuatan spiritual.

Khodam sendiri dalam bahasa Arab artinya pembantu, penjaga, atau pengawal dengan bentuk yang beragam, dapat berupa jin, roh leluhur, hingga energi.

Ilustrasi cek khodam online. Foto: Syawal Febrian Darisman/kumparan
Ilustrasi cek khodam online. Foto: Syawal Febrian Darisman/kumparan

Seiring perkembangan zaman, hal-hal berbau klenik ini rupanya beradaptasi dengan teknologi. Tak cuma cek khodam, sejumlah praktik bisnis klenik telah lebih dulu berekspansi ke media digital.

Bisnis seperti jasa pasang susuk berikut dengan penjualan susuk dan jimatnya, juga penjualan bulu perindu untuk memikat lawan jenis, hingga penjualan parfum aura.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia, Rissalwan Habdy Lubis, mengatakan masyarakat seharusnya bisa lebih berhati-hati untuk menyikapi maraknya praktik bisnis klenik di media sosial. Rissalwan bilang, banyak kasus penipuan yang terjadi dalam bisnis berbau klenik di media sosial ini.

Lantaran, menurut dia, untuk meyakinkan calon pembeli, oknum tidak bertanggung jawab bisa saja memalsukan testimoni produk atau jasa ilmu klenik di media sosial.

"Saya kira yang jadi masalah dari promosi produk klenik ini adalah adanya unsur penipuan ya. Jadi konsumen perlu lebih cerdas untuk memahami penawaran terkait klenik ini, testimoni bisa saja direkayasa sehingga konsumen tertarik untuk membeli," kata Rissalwan kepada kumparan.

Rissalwan tidak menampik sebagian masyarakat Indonesia masih mempercayai hal-hal berbau klenik ini, bahkan setelah berekspansi ke media sosial yang notabene merupakan teknologi baru. Sebab, lanjut Rissalwan, adanya kebutuhan manusia akan kekuatan besar yang dapat mengubah hidup, membuat masyarakat dengan mudah mempercayai hal-hal berbau klenik.

Sementara, pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi, memandang praktik klenik semacam ini tidak ubahnya seperti orang yang mempercayai ramalan zodiak juga shio. Namun bisa tidak menimbulkan kerugian baik materil maupun nonmateril.

"Sebenarnya sama aja dengan ramalan zodiak, shio, kan itu kan lucu-lucuan aja gitu karena semua bintang. Semua shio itu kan ternyata memang bagus ada motivasi di dalam ramalan-ramalan tersebut. Untuk lucu-lucu, untuk kita baca-baca aja sepanjang itu gratis nggak masalah," tutur Heru kepada kumparan, Selasa (2/7).

Sebaliknya, masyarakat harus menyikapi fenomena ini dengan baik, jika bisnis klenik ini dapat menimbulkan kerugian, materil atau diharuskan melakukan sederet ritual.

Dia tidak menampik bahwa perkembangan teknologi digital akan membawa sederet layanan untuk turut bertransformasi, termasuk bisnis yang berbau klenik. Hanya saja, masyarakat harus lebih bijak untuk menyikapi perubahan ini.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: