terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Penjelasan Singkat tentang 7 OSI Layer Lengkap dengan Fungsinya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Singkat tentang 7 OSI Layer Lengkap dengan Fungsinya
Jun 21st 2024, 19:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer. Foto: Unsplash/Jordan Harrison
Ilustrasi jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer. Foto: Unsplash/Jordan Harrison

OSI layer merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam protokol jaringan. OSI layer sendiri terdiri dari 7 lapisan. Dengan begitu timbul pertanyaan, jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer.

Hal ini dikarenakan 7 OSI layer membuat terjadinya komunikasi pesan dari pengirim dan penerima. Selain itu, terdapat fungsi yang sangat penting terhadap komunikasi jaringan.

Penjelasan Singkat tentang 7 OSI Layer

Ilustrasi jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer. Foto: Unsplash/Jonathan
Ilustrasi jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer. Foto: Unsplash/Jonathan

Dikutip dari buku Welcome To Network Engineer Cisco oleh Yastril Ilyas (2020) Open System Interconnection layer atau OSI Layer adalah suatu konsep yang memungkinkan pertukaran informasi antar berbagai jenis komunikasi komputer.

OSI ini terdiri dari 7 layer yang memiliki fungsi yang berbeda-beda namun saling terkait dalam komunikasi yang terstruktur dalam jaringan komputer. 7 lapisan OSI yakni:

1. Application Layer (Lapisan ke-7)

Application layer merupakan pusat terjadinya interaksi antara user dengan aplikasi yang bekerja menggunakan fungsionalitas jaringan. Lapisan ini berada di paling atas.

2. Presentation Layer (Lapisan ke-6)

Lapisan presentation berfungsi untuk mengidentifikasi sintaks yang digunakan untuk host jaringan untuk berkomunikasi.

Layer ini perlu memberikan enkripsi dan dekripsi data yang akan digunakan dalam Application layer. Pada layer presentation ini data akan terenkripsi dan dekripsi secara otomatis melalui sistem.

3. Session Layer (Lapisan ke-5)

Layer session berfungsi dalam mengendalikan pengelolaan terhadap koneksi komputer. Layer ini bisa untuk memutuskan koneksi internet pada komputer.

4. Transport Layer (Lapisan ke-4)

Layer ini berperan dalam menyalurkan bit atau data. Namun secara spesifik fungsi dari layer ini untuk memecah data, transmisi data, memudahkan dalam menyusun ulang, melakukan looping pakel yang hilang.

5. Network Layer (Lapisan ke-3)

Layer network bertugas untuk mendefinisikan alamat IP sehingga komputer yang terkoneksi. Fungsi lain dari layer ini untuk melaksanakan proses routing dan membuat header setiap paket data.

6. Data Link Layer (Lapisan ke-2)

Layer data link berfungsi untuk memeriksa bila terjadi kesalahan dalam menyalurkan transmisi data. Sebab, kesalahan tersebut dapat kemungkinan besar terjadi di layer pertama.

7. Physical Layer (Lapisan 1)

Layer physical berfungsi sebagai transmisi data. Sehingga memungkinkan penerimaan sinyal berjalan dengan baik. Sehingga dapat dilanjutkan ke layer kedua.

Fungsi 7 OSI Layer

Ilustrasi 7 OSI layer. Sumber: Pexels/Sam Lion
Ilustrasi 7 OSI layer. Sumber: Pexels/Sam Lion

Ada beberapa fungsi dari 7 OSI layer, yakni:

  1. Physical: Menentukan kecepatan, tegangan, besaran fisik, dan mengalirkan bit-bit antar perangkat atau device.

  2. Data Link: Menyediakan akses ke dalam media menggunakan MAC Address dan dapat melakukan proses error detection.

  3. Network: Menyediakan logical addressing dan menentukan rute tujuan secara tepat.

  4. Transport: Menyediakan reliable atau unreliable delivery, serta mengecek terjadinya koneksi error sebelum melakukan transmisi data.

  5. Session: Memisahkan data dalam berbagai aplikasi.

  6. Presentation: Mampu menyajikan data serta menangani enkripsi data dengan cepat.

  7. Application: Menyediakan tampilan antarmuka (user interface) page pengguna.

Baca Juga: Mengenal Kegunaan dan Susunan Kabel Straight dan Cross pada LAN

Itulah informasi tentang jelaskan secara singkat mengenai 7 OSI layer dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang bagaimana komunikasi komputer dapat berjalan.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: