terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Isu Kekerasan Seksual, FJPI Lampung: Masih Ada Media yang Mencampurkan Opini - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Isu Kekerasan Seksual, FJPI Lampung: Masih Ada Media yang Mencampurkan Opini
Jun 22nd 2024, 20:57, by Puput Octaviani, Lampung Geh

Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: Shutterstock)

Lampung Geh, Bandar Lampung - Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Lampung, Vina Octavia, sebut berdasarkan riset Dewan Pers Tahun 2022, pemberitaan tentang kekerasan seksual belum mencerminkan perspektif perlindungan korban dan responsif gender.

Isu kekerasan seksual memang sudah menjadi topik berita yang memiliki nilai jual yang tinggi bagi media online. Adapun isu yang paling banyak di liput oleh media antara lain pemerkosaan, pelecehan seksual dan perdagangan perempuan.

Vina Octavia selaku ketua FJPI Lampung mengatakan belum pernah melakukan riset di Lampung, tentang bagaimana media memberitakan isu kekerasan seksual.

Namun, berdasarkan riset Dewan Pers pada Tahun 2022, ditemukan narasi pemberitaan tentang kekerasan seksual belum mencerminkan perspektif perlindungan korban dan responsif gender serta masih ada yang belum memahami ataupun mengetahui tentang kode etik jurnalistik.

"Dalam pemberitaan misalnya, masih ada pemberitaan yang menyebut identitas korban, menceritakan detail kronologis secara vulgar, atau penghakiman pada korban dan perempuan," ujar Vina saat dihubungi Lampung Geh, pada Sabtu (22/6).

"Pemberitaan juga terkesan menggiring pembaca untuk turut mendeskriminasi korban, atau mencampurkan opini dan fakta," lanjutnya.

Vina juga menuturkan masih ada pemberitaan yang dibuat hanya untuk mencari audience.

"Ada juga pemberitaan yang dibuat hanya untuk menarik audience dari pada membantu korban mengatasi persoalan atau melindungi korban," tuturnya.

Selanjutnya, Vina berharap media dapat memberikan perlindungan korban kekerasan seksual dan juga organisasi wartawan dapat memberikan pelatihan perspektif perlindungan korban kekerasan seksual.

"Saya berharap ke depan media dapat memberikan dukungan bagi upaya perlindungan korban kekerasan seksual dengan melakukan kontrol lebih ketat atas pemberitaan kekerasan seksual," kata Vina saat dihubungi Lampung Geh.

"Selain itu organisasi wartawan juga dapat memberikan pelatihan berperspektif perlindungan korban dan responsif gender, khususnya dalam pemberitaan kekerasan seksual," lanjutnya.

Terakhir, Vina menyampaikan langkah perlindungan ini membutuhkan kerja sama dari semua pihak.

"Langkah ini tentu membutuhkan kerja sama semua pihak. Saat ini, organisasi pers dan dewan pers juga sedang mendorong hadirnya pedoman pemberitaan kekerasan seksual bagi jurnalis," tutupnya. (Put/Ansa)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: