terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengenal Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India
Jun 1st 2024, 20:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India Adalah. Sumber: Unsplash/Katerina Kerdi
Ilustrasi Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India Adalah. Sumber: Unsplash/Katerina Kerdi

Pembaharuan Islam terjadi tidak hanya di Indonesia. Pembaharuan agama Islam juga terjadi di India. Tokoh-tokoh pembaharu yang muncul di India adalah Sayyid Ahmad Khan.

Selain itu, masih ada tokoh-tokoh lainnya. Misalnya adalah Syah Waliyullah dan juga Muhammad Iqbal.

Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India Adalah Sayyid Ahmad Khan, Syah Waliyullah, dan Muhammad Iqbal

Ilustrasi Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India Adalah. Sumber: Unsplash/Usama Sher Khan
Ilustrasi Tokoh-Tokoh Pembaharu yang Muncul di India Adalah. Sumber: Unsplash/Usama Sher Khan

Dikutip dari situs Ensiklopedia Sejarah Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, esi.kemdikbud.go.id, pembaharuan islam adalah suatu gerakan untuk kembali kepada Al-Qur'an dan hadis melalui pembukaan pintu ijtihad seluas-luasnya, dengan cara rasionalisasi dan penggunaan ilmu-ilmu modern yang relevan.

Pembaharuan Islam terjadi di banyak tempat. Salah satunya terjadi di India. Ada banyak tokoh pembaharu Islam. Tokoh-tokoh pembaharu yang muncul di India adalah Sayyid Ahmad Khan, Syah Waliyullah, dan Muhammad Iqbal.

1. Sayyid Ahmad Khan

Sayyid Ahmad Khan lahir tanggal 17 Oktober 1817 di Delhi, India. Sayyid adalah seorang keturunan pejabat di Istana Mughal dari keluarga neneknya. Sementara kakek dan ayahnya bekerja di sebuah perusahaan dagang Inggris bernama East India Company.

Sayyid mendapatkan pendidikan mentor spiritual ayahnya yang bernama Shah Ghulam Ali. Ia juga diberikan pendidikan Al-Qur'an. Selain itu, ia juga menerima pendidikan tradisional untuk bangswan muslim.

Sayyid mempelajari bahasa Arab dan Persia dari Moulvi Hamiduddin yang merupakan seorang ulama. Bersama gurunya yang seorang ulama tersebut, Sayyid membaca banyak karya dari penulis muslim. Ia juga mempelajari berbagai bidang lain seperti aljabar, kedokteran, matematika, astronomi di bawah Hakim Ghula Haider Khan. pendidikannya kemudian berhenti ketika ia mengalami kesulitan keuangan. Meskipun demikian, ia terus belajar secara mandiri.

Setelah belajar, Sayyid sempat bekerja di bawah pimpinan pemerintahan kolonial Inggris. Sayyid sangat kritis terhadap pemerintah kolonial Inggris. Ia menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat Indoa. Sikap kritis Sayyid mendorong paham modernisasi di masyarakat India untuk melawan Inggris melalui pendidikan.

Dikutip dari buku Sayyid Ahmad Khan: Oxford Bibliographies Online Research Guide, Oxford University Press (2010), Sayyid Ahmad Khan menginisiasi banyak gerakan untuk mereformasi komunitas India Muslim. Ia wafat Aligarh pada tanggal 27 Maret 1898.

2. Syah Waliyullah

Syah Waliyullah lahir di Delhi pada 21 Februari 1703 M. Syah Waliyullah memiliki sejumlah pemikiran yang membawa kepada kemunduran dan kelemahan umat Islam yaitu:

  • Terjadi perubahan sistem pemerintahan dari khalifah ke sistem kerajaan

  • Perpecahan karena terdapat pertentangan aliran dalam Islam

  • Adat istiadat dan ajaran di luar Islam masuk ke dalam keyakinan umat Islam

  • Sistem demokrasi dalam kekhalifahan diganti menjadi monarki absolut

3. Muhammad Iqbal

Muhammad Iqbal atau yang dikenal 'Allama Iqbal lahir di Punjab pada tanggal 9 November 1877. Muhammad Iqbal memiliki tiga buah gagasan sebagai kontribusi dalam pembaharuan Islam. Gagarannya sebagai berikut:

  • Pan Islamisme

  • Paham dinamisme

  • A free personal causality

Baca juga: Mengenal Tokoh di Balik Masa Kejayaan Islam

Tokoh-tokoh pembaharu yang muncul di India adalah Sayyid Ahmad Khan, Syah Waliyullah, dan Muhammad Iqbal. Ketiga tokoh tersebut memiliki banyak kontribusi dalam pembaharuan agama Islam di negara India. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: