terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Ikan Aneh Berwarna Hitam Pekat Terdampar di Pantai AS, Begini Penampakannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ikan Aneh Berwarna Hitam Pekat Terdampar di Pantai AS, Begini Penampakannya
Jun 1st 2024, 10:36, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Footballfish atau ikan sepak bola yang ditemukan di sebuah pantai di Oregon, AS.  Foto: Seaside Aquarium/Facebook
Footballfish atau ikan sepak bola yang ditemukan di sebuah pantai di Oregon, AS. Foto: Seaside Aquarium/Facebook

Ikan aneh berwarna gelap langka baru-baru ini ditemukan terdampar di sebuah pantai Amerika Serikat. Peristiwa terdamparnya ikan aneh ini menjadi yang pertama di negara bagian tersebut.

Berdasarkan keterangan Seaside Aquarium di Facebook, peristiwa bermula ketika para pecinta hewan menemukan ikan tak bernyawa dengan penampilan asing di garis pantai selatan Cannon Beach, Oregon, Amerika Serikat, pada awal Mei 2024. Setelah dilihat lebih dekat, ikan itu ternyata pacific footballfish (Himantolophus sagamius) betina.

Tidak jelas apakah peneliti membawa dan mempelajari sisa-sisa footballfish atau tidak, yang pasti mereka memotret dan membagikan fotonya ke staf Seaside Aquarium dan diposting di media sosial Facebook.

Sebelumnya, seekor footballfish atau disebut ikan sepak bola Pasifik juga pernah ditemukan di sebuah pantai di Crystal Cove State Park, California, pada Mei 2021. Menariknya, betina lain ditemukan lagi di pantai yang sama Oktober 2023. Belum diketahui kenapa dua spesimen ikan sepak bola bisa terdampar di pantai yang sama.

Sementara menurut History Museum of Los Angeles County, sejak spesimen pertama footballfish ditemukan secara tidak sengaja di Hawaii pada 1975, hanya sekitar 30 individu lain yang ditemukan terdampar di pantai dan di alam liar.

"Meski segelintir ikan sepak bola telah tercatat di Selandia Baru, Jepang, Rusia, Hawaii, Ekuador, Chili, dan California, ini adalah ikan pertama yang dilaporkan di Pesisir Oregon sepengetahuan kami," tulis Seaside Aquarium, sebagaimana dikutip Live Science.

Mengenal ikan sepak bola

Ikan sepak bola masuk dalam spesies anglerfish (Lophiiformes), satu ordo lebih dari 300 spesies ikan laut dalam yang bersembunyi di kegelapan. Ikan sepak bola memiliki cara berburu yang unik, mereka memancing mangsa ke arah rahangnya yang besar dan bertaring di lingkungan gelap dengan menggunakan cahaya di kepalanya.

Footballfish hidup di perairan sedalam 1.000 meter di bawah permukaan, dan kemungkinan besar hidup di kedalaman Samudra Pasifik, meski jangkauan pastinya belum diketahui. Ikan sepak bola Pasifik tergolong sangat langka.

Seperti kebanyakan anglerfish lainnya, footballfish memiliki umpan untuk menarik mangsa. Umpan itu ada di bagian sirip punggung yang dimodifikasi dan menampung bakteri bercahaya yang mampu menghasilkan sinar sebagai timbal balik atas perlindungan dan nutrisi tersebut.

Namun tak seperti kebanyakan anglerfish lain yang memiliki umpan tunggal seperti bohlam, ikan sepak bola Pasifik memiliki umpan tersegmentasi dengan banyak sulur yang memanjang dari ujung tungkai ke kepalanya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, umpan ikan sepak bola bersifat biofluorescent, artinya dapat menyerap dan memantulkan cahaya serta memproduksinya. Ini membuat ikan footballfish dapat menghasilkan cahaya yang lebih kompleks dan menarik mangsa ketimbang anglerfish lain.

Penampakan ikan sepak bola Pasifik langka yang terdampak di sebuah pantai California.  Foto: California State Parks/Facebook
Penampakan ikan sepak bola Pasifik langka yang terdampak di sebuah pantai California. Foto: California State Parks/Facebook

Menurut California Academy of Science, footballfish menggunakan umpannya untuk menarik mangsa ke mulut. Saat mangsa sudah dekat, dia akan melahapnya, memasukkan tubuh korban ke tenggorokan dengan satu serangan cepat. Deretan gigi tajam melapisi mulut predator ini, berguna untuk mencengkram mangsa yang terkejut agar tidak bisa melarikan diri dari nasib buruk mereka.

Ikan sepak bola Pasifik betina berukuran jauh lebih besar dibandingkan ikan jantan –sebuah fenomena yang dikenal sebagai dimorfisme seksual. Betina dapat tumbuh hingga panjang setengah meter, sedangkan jantan hanya sekitar 10 persen dari ukuran betina.

Perbedaan ukuran yang mencolok ini disebabkan oleh keanehan evolusi disebut sebagai parasitisme seksual. Jantan bertindak seperti parasit dan menghabiskan seluruh hidupnya hanya untuk mencari inang betina, lalu menempel pada inang yang mereka temukan dan tinggal di sana selamanya. Jantan akhirnya menyatu sepenuhnya dengan betika dan berubah menjadi pabrik sperma mini untuk membuahi sel telurnya.

"Bagaimana penjantan menemukan betina di lingkungan gelap gulita masih belum diketahui," tulis Seaside Aquarium.

Namun hal ini mungkin menjadi faktor kunci dalam evolusi anglerfish untuk berkembang biak di laut dalam.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: