terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jokowi Happy Produksi Blok Rokan di Tangan Pertamina Lebih Tinggi dari Chevron - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jokowi Happy Produksi Blok Rokan di Tangan Pertamina Lebih Tinggi dari Chevron
Jun 1st 2024, 10:04, by Ema Fitriyani, kumparanBISNIS

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6).  Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan

Presiden Jokowi mengaku senang melihat produksi minyak di Blok Rokan yang lebih tinggi usai dikelola PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan. Sebelumnya, selama 97 tahun, blok migas ini dikuasai perusahaan Amerika, Chevron.

Jokowi mengecek langsung blok ini di Dumai, Riau, untuk memperingati upacara Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6). Dalam sejarah perminyakan Indonesia, Rokan merupakan blok terbesar.

"Dan pagi tadi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina (Nicke Widyawati) bahwa produksi di blok rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari. Ini lebih tinggi dari saat dikelola oleh Caltex maupun Chevron dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia," kata Jokowi.

Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan pengeboran perdana sumur migas Gulamo di Blok Rokan, Riau. Foto: Pertamina
Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan pengeboran perdana sumur migas Gulamo di Blok Rokan, Riau. Foto: Pertamina

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap di Hari Lahir Pancasila, Indonesia bisa melepas diri dari ketergantungan terhadap asing. Mengambil alih Blok Rokan salah satunya.

Blok Rokan, menurut dia, patut dikuasai Indonesia 100 persen karena posisinya sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri. Dengan dikendalikan Pertamina, manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat, terutama di Riau.

Produksi dan Cadangan Blok Rokan. Foto: kumparan
Produksi dan Cadangan Blok Rokan. Foto: kumparan

Selain Blok Rokan, aset lain yang selama puluhan tahun dikuasai asing dan kini sudah kembali ke Ibu Pertiwi adalah tambang Freeport di Papua. Sejak 2018, pemerintah berhasil menguasai 51 persen saham tambang yang selama puluhan tahun dipegang Freeport McMoran asal AS.

"Freeport dan Blok rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional berdiri di atas kekuatan kita sendiri," tegasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: