terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Tren Kasus Hipertensi di Jatim Naik, Masyarakat Perlu Lakukan Ini - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tren Kasus Hipertensi di Jatim Naik, Masyarakat Perlu Lakukan Ini
May 27th 2024, 06:15, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Kepala Dinkes Jatim, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD- KPTI., FINASIM. Foto: Masruroh/Basra
Kepala Dinkes Jatim, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD- KPTI., FINASIM. Foto: Masruroh/Basra

Tren penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi di Jawa Timur terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan pasien hipertensi masuk tiga besar pasien yang paling banyak dirawat di rumah sakit di Jawa Timur.

"Memang pasien hipertensi masih mendominasi, tiga besar. Rumah sakit kita itu didominasi pasien-pasien penyakit keganasan, penyakit metabolik sindrom, dan penyakit infeksi," ujar

Kepala Dinkes Jatim, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD- KPTI., FINASIM, saat ditemui Basra, disela kegiatan Surabaya Medic Air Run 2024, (26/5).

"Metabolik sindrom itu hipertensi ada, diabetes ada, kolesterol ada, asam urat ada, obesitas juga ada. Itu penyakit metabolik," sambungnya.

Erwin lantas mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih aware akan kesehatannya. Pasalnya, saat ini banyak dijumpai kasus pasien dengan keluhan awal diabetes, namun karena tidak terobati dengan baik diabetes tersebut lantas juga memicu penyakit metabolik lainnya.

Tren Kasus Hipertensi di Jatim Naik, Masyarakat Perlu Lakukan Ini
www.garrya.com

"Dia (diabetes) bisa menggandeng teman-temannya. Gandeng hipertensi, gandeng kolesterol," tuturnya.

Erwin mengungkapkan, seperti halnya diabetes, hipertensi juga harus ditangani dengan baik agar nantinya tidak memicu penyakit metabolik lainnya.

Erwin mengingatkan masyarakat untuk tidak terlalu risau dengan hipertensi. Hal penting yang harus dilakukan adalah menerapkan pola hidup sejak.

"Harus menerapkan pola hidup sehat sejak sekarang, supaya tidak hipertensi baru skrining, kemudian pengobatan. Padahal itu bisa dicegah dengan pola hidup sehat," tegasnya.

Pola hidup sehat dapat diterapkan dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi, hingga istirahat yang cukup.

"Terutama untuk anak-anak muda ya jangan mager (malas gerak) karena penyakit metabolik sindrom ini sekarang trennya banyak dialami anak-anak muda. Gawai itu memang baik tapi jangan lantas mager ya," paparnya.

"Saran kami, pakai gawainya untuk kegiatan bermanfaat bagi kesehatan, seperti menghitung nadi, menghitung langkah kaki, menghitung tekanan darah. Caranya ya dengan jalan kaki atau (olahraga) lari," imbuhnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: