terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

39 Seniman Hidupkan Sisi Lain Kemanusiaan Diponegoro Lewat Lukisan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
39 Seniman Hidupkan Sisi Lain Kemanusiaan Diponegoro Lewat Lukisan
Oct 15th 2024, 15:43, by Pandangan Jogja Com, Pandangan Jogja

Pembukaan pameran "Sastra Rupa #2" di Jogja Gallery. Foto: Dok. Istimewa
Pembukaan pameran "Sastra Rupa #2" di Jogja Gallery. Foto: Dok. Istimewa

Jogja Gallery bersama Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patrapadi) menggelar pameran "Sastra Rupa #2: Gambar Babad Diponegoro" mulai 15 Oktober hingga 3 November 2024 di Jogja Gallery, Yogyakarta. Pameran ini menampilkan karya 39 seniman ternama Indonesia yang terinspirasi dari naskah Babad Ngayogyakarta, mencatat sejarah masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono IV hingga V.

Pameran ini bertujuan untuk menyoroti sisi lain dari Pangeran Diponegoro, yaitu aspek kemanusiaannya yang jarang diketahui publik. Selama ini, Diponegoro lebih dikenal sebagai pahlawan dalam Perang Jawa. Melalui pameran ini, sisi humanistiknya sebagai figur teladan diungkapkan.

"Banyak orang hanya mengenal Pangeran Diponegoro dari segi perangnya, tetapi kami ingin menunjukkan bahwa ia juga memiliki sisi humanis yang menjadi inspirasi," ujar kurator pameran, Mikke Susanto, Selasa (15/10).

Salah satu lukisan yang dipamerkan dalam Sastra Rupa #2. Foto: Dok. Istimewa
Salah satu lukisan yang dipamerkan dalam Sastra Rupa #2. Foto: Dok. Istimewa

Setiap seniman yang terlibat dalam pameran ini diberi narasi dari 39 pupuh Babad Ngayogyakarta untuk diinterpretasikan dalam bentuk lukisan. Hasilnya adalah karya-karya dengan berbagai gaya, dari realisme hingga abstrak, yang tidak hanya menggambarkan sejarah tetapi juga mengekspresikan pesan simbolik yang mendalam.

"Lukisan-lukisan ini tidak hanya sebagai dokumentasi peristiwa, tetapi juga sebagai medium untuk menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan kebijaksanaan Pangeran Diponegoro yang masih relevan hingga kini," ujar Mikke.

Pameran ini akan dibuka oleh Hashim Djojohadikusumo dan dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Selain menikmati karya seni, pengunjung juga dapat mengikuti diskusi yang mendalami perpaduan seni rupa dan sejarah selama pameran berlangsung.

"Kami berharap pameran ini menjadi sarana bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk memahami lebih dalam sosok Diponegoro, baik sebagai pejuang maupun sebagai manusia yang penuh nilai-nilai kebijaksanaan," ujar kurator lain, Sri Margana.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: