terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kuku Tangan Bayi Cepat Panjang, Bisa Jadi Pertanda Apa? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kuku Tangan Bayi Cepat Panjang, Bisa Jadi Pertanda Apa?
Oct 18th 2024, 13:16, by Nabilla Fatiara, kumparanMOM

Ilustrasi kuku bayi. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Ilustrasi kuku bayi. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Kesehatan bayi biasanya dapat dipantau lewat pemeriksaan fisik. Tetapi, sudah tahu belum bahwa kondisi kesehatan si kecil juga bisa terpantau lewat kuku-kuku jarinya?

Ya Moms, kuku terbilang jarang dilihat ketika anak mengalami masalah kesehatan tertentu. Pada orang dewasa, beberapa kondisi kuku bisa menandakan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga gangguan hati.

Bagaimana dengan bayi yang masih kecil?

Dikutip dari laman Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), kuku jari tumbuh cukup lambat, yaitu 3-5 milimeter dalam satu bulan. Mulai dari bentuk, ketebalan, hingga kekuatan kuku, salah satunya dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orang tua memiliki kuku rapuh, maka anak-anaknya juga berkemungkinan mengalami kondisi kuku yang sama.

Nah, apakah Anda juga sudah tahu bahwa kuku bayi yang cepat panjang juga bisa menandakan status pertumbuhannya?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Reza Abdussalam, Sp.A, kuku-kuku bayi yang cepat panjang terjadi karena pertumbuhan sel-sel di bawah kuku sangat aktif pada usia dini.

Ilustrasi kuku bayi. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi kuku bayi. Foto: Shutter Stock

"Sel-sel ini akan berkembang pesat untuk mendukung pertumbuhan keseluruhan tubuh bayi," jelas dr. Reza kepada kumparanMOM.

Selain bisa dianggap sebagai salah satu indikator pertumbuhan bayi, memiliki kuku yang terawat juga bisa membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan si kecil, lho!

Kondisi Kesehatan Lain pada Bayi yang Dapat Dipantau Lewat Kuku

dr. Reza menjelaskan, beberapa kondisi kesehatan lain yang dapat dilihat lewat kulit bayi, seperti:

1. Kuku Sendok

Memiliki istilah medis Koilonychia atau spoon nails, yaitu kuku yang bentuknya melengkung atau penyok. Bentuk kuku seperti sendok itu biasa ditemukan anak dengan gejala kekurangan zat besi.

2. Onikomimadesis

Ini adalah kondisi lepasnya lempeng kuku dari matriksnya, yang biasanya terjadi pada bayi yang terkena penyakit Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD).

3. Leukonikia

Timbul bintik-bintik putih pada kuku bayi? Mungkin ia lagi mengalami leukonikia, Moms. Tetapi, jangan khawatir karena masalah ini sangat umum dan tidak perlu pengobatan khusus.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: