terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

BPS Respons Mendagri Tito yang Sebut Ada Oknum Pemda Manipulasi Data Inflasi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
BPS Respons Mendagri Tito yang Sebut Ada Oknum Pemda Manipulasi Data Inflasi
Oct 1st 2024, 14:25, by Abdul Latif, kumparanBISNIS

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jumat (15/3). Foto: Dok. Plt. Kepala BPS
Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jumat (15/3). Foto: Dok. Plt. Kepala BPS

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti merespons tudingan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang menyebut ada oknum kepala daerah yang melakukan manipulasi data inflasi demi mendapatkan insentif tambahan.

Tito bilang oknum kepala daerah itu mengunjungi kantor BPS untuk meminta data inflasi dipalsukan.

Amalia menyampaikan bahwa BPS memiliki data melalui metodologi tertentu untuk menghitung angka inflasi. Dia memastikan BPS menjaga independensi terkait pengolahan data dan pengumpulan data secara independen.

"Dalam menentukan sampling dan pengambilan data harga di daerah, kami juga menggunakan metode sampling tertentu yang sesuai dengan kaidah statistik, dan ini angka yang dihasilkan BPS tentunya dapat dipertanggungjawabkan independensinya," kata Amalia dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Senin (1/10).

Dia memastikan, BPS mempunyai penjaminan kualitas, dalam setiap survei dan pengolahan data. Bahkan pemilihan waktu, tempat, dan lokasi pasarnya mengacu pada standar internasional.

"Penyelenggaraan statistik ini kami lakukan dengan penjaminan kualitas data. Jadi kalau ada pertanyaan pasar murah, operasi pasar murah langkah konkret sebagai pengendalian pasar di daerah, pembentukan harga di daerah ini kan sangat dipengaruhi mekanisme pasar saat ini banyak platform data K/L dan pemda, data BPS bisa dibandingkan satu sama lain," jelas dia.

Sebelumnya, Mendagri Tito membeberkan sejumlah modus yang dilakukan Pemda dalam mengakali inflasi. Misalnya, kepala daerah mendatangi kantor BPS di daerahnya masing-masing untuk meminta tolong angka inflasinya dibuat menjadi bagus.

"Modus barunya, rekan-rekan kepala daerah ini langsung datangi kantor BPS di kabupaten/kota daerah masing-masing, 'tolong dong bikin angkanya bagus kami!' begitu," kata Tito beberapa waktu lalu.

"Saya sudah tahu modus modus kepala daerah itu. Tolong untuk modus-modus seperti ini teman-teman BPS untuk mulai akali itu juga. 'Oh pak saya biasa ambil data disitu tapi nanti ambil data di tempat lain'," imbuhnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: