terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download
>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:
Contoh Jurnal PPG Modul 1 Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Tenaga Pendidik - my blog
Oct 5th 2024, 17:07, by Berita Terkini, Berita Terkini
Salah satu tugas dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah menulis jurnal. Contoh jurnal PPG modul 1 Pembelajaran Berdiferensiasi akan diberikan sebagai panduan bagi guru.
Diambil dari buku Pembelajaran Berdiferensiasi, Sutiyatmi (2024:24), pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dengan materi pelajaran sesuai dengan kemampuan dan kesukaan peserta didik masing-masing. Konsep ini dilaksanakan sesuai kebutuhan belajar siswa.
Contoh Jurnal PPG Modul 1 Pembelajaran Berdiferensiasi pada PMM
Jurnal ditulis sesuai dengan pengalaman para tenaga pendidik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Berikut adalah contoh jurnal PPG modul 1 Pembelajaran Berdiferensiasi bagi guru.
1. Pendahuluan
Munculnya pembelajaran berdiferensiasi didasarkan pada kenyataan bahwa karakter siswa sangat beragam. Mulai dari tingkat kecerdasan, latar belakang ekonomi, sosial budaya dan lainnya.
Beragamnya karakter tersebut membuat perlakuan guru dalam kegiatan pembelajaran tidak dapat disamakan bagi seluruh peserta didik. Melalui jurnal ini, saya akan mengaplikasikan konsep pembelajaran berdiferensiasi yang telah diterapkan di kelas.
2. Ciri-ciri Pembelajaran Berdiferensiasi
Ciri-ciri dari konsep pembelajaran berdiferensiasi antara lain:
Fleksibilitas dalam penyajian materi
Penilaian yang beragam
Pengelolaan kelas yang efektif
Kerjasama atau kolaborasi dengan peserta didik
Umpan balik yang konstruktif
3. Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
1. Awal Pembelajaran
Pada saat memulai pembelajaran, akan dilaksanakan kegiatan berikut.
Mempersiapkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Berdoa sebelum memulai pelajaran.
Melakukan asesmen awal dengan memberikan pertanyaan pemantik terkait materi yang akan diajarkan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan.
2. Inti Pembelajaran
Pembelajaran akan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode berikut.
Kegiatan literasi.
Diskusi dengan peserta didik mengenai materi pelajaran yang akan disampaikan.
Berdiskusi bersama peserta didik mengenai materi yang ada pada buku siswa.
Siswa membentuk kelompok belajar dan tugas dengan menentukan sendiri anggotanya.
Dengan arahan guru, siswa melakukan kegiatan percobaan sederhana dalam kelompok.
Mendiskusikan hasil percobaan.
3. Akhir Pembelajaran
Saat proses pembelajaran selesai, maka ditutup dengan kegiatan berikut.
Siswa diminta menyimpulkan hasil belajar.
Guru melakukan refleksi hasil belajar.
Guru menutup kegiatan pembelajaran.
Berdoa sebelum pulang.
4. Kesimpulan
Pembelajaran berdiferensiasi yang diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas mendapatkan respon yang sangat baik dari para peserta didik. Hal ini membuat mereka lebih mudah memahami materi yang diberikan.
Pembelajaran dirasakan sebagai kegiatan yang menyenangkan, dan dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan berpikir kritis. Pembelajaran berdiferensiasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.
Demikian contoh jurnal PPG modul 1 Pembelajaran Berdiferensiasi untuk memenuhi tugas PMM. Untuk melengkapi isi jurnal, guru dapat menampilkan foto dokumentasi bagaimana kegiatan belajar dilakukan. (DK)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar