terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download
>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:
Kunci Jawaban Pelatihan Metodologi Pembelajaran 3.9 - my blog
Oct 5th 2024, 17:19, by Berita Terkini, Berita Terkini
Kunci jawaban pelatihan metodologi pembelajaran 3.9 dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Pelatihan Metodologi Pembelajaran adalah program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan pendidik dalam merancang dan menyampaikan materi.
Dikutip dari buku Metodologi Pembelajaran IPA, Asih dkk (2022: 102), program ini membantu para pengajar memahami berbagai pendekatan pembelajaran. Mulai dari metode diskusi, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan teknologi dalam kelas.
Tujuan utama pelatihan ini adalah menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menarik bagi peserta didik. Peserta pelatihan juga diajarkan cara mengevaluasi keberhasilan pembelajaran melalui alat penilaian yang tepat.
Selain itu, pelatihan ini mendorong penggunaan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan kurikulum. Melalui pelatihan ini, pengajar dapat mengembangkan strategi yang memfasilitasi pemahaman siswa secara lebih mendalam.
Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, guru mampu merancang pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif. Akhirnya, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Berikut adalah kunci jawaban pelatihan metodologi pembelajaran 3.9 yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran.
Perencanaan adalah pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Sehingga ketika membuat sebuah rencana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah...
A. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
B. Melakukan analisis tujuan yang akan dicapai
C. Menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan
D. Menetapkan kriteria yang harus dipenuhi
Jawaban: A. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
Kenapa harus menyusun perencanaan pembelajaran? Karena sebuh perencanaan merupakan langkah awal sebelum melaksanakan segala sesuatu. Kata seorang ahli, suatu peristiwa yang terjadi, diciptakan 3 kali, dipetakan dalam pikiran, dituangkan dalam rencana, dan kejadian nyata. Di bawah ini yang bukan termasuk alasan pentingnya melakukan perencanaan pembelajaran...
A. Agar guru terarah ketika melakukan proses pembelajaran
B. Agar masalah pembelajaran yang muncul bisa diminimalisir
C. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal
D. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
Jawaban: D. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
Perhatikan kalimat di bawah ini:
1. Proses pengambilan keputusan hasil berpikir rasional
2. Berfikir efektif dan efisen dalam mencapai tujuan
3. Fokus pada tujuan dan sasaran tertentu
4. Rangkaian perilaku yang harus dilakukan
5. Merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu
6. Memanfaatkan sumber belajar yang ada
7. Terdapat perubahan kegiatan untuk mencapai tujuan
Yang merupakan konsep pembelajaran yang tepat adalah...
A. 1, 3, 5, 6
B. 1, 2, 5, 6
C. 1, 3, 5, 7
D. 1, 3, 4, 6
Jawaban: A. 1, 3, 5, 6
Membuat perencanaan pembelajaran, adalah titik awal guru dalam menciptakan pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran. Guru dapat memodifikasi perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru lain, pada mata pelajaran yang sama. Guru juga bisa menjadikan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat orang lain itu sebagai bahan inspirasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru, di antaranya:
1. Karakteristik madrasah
2. Karakteristik guru
3. Kebutuhan siswa
4. Ketersediaan dana
5. Visi, misi dan tujuan madrasah
6. Kemampuan guru
7. Karakteristik lingkungan madrasah
Perencanaan pembelajaran yang baik harus memperhatikan aspek-aspek berikut...
A. 2, 3, 5, dan 6
B. 1, 3, 5, dan 7
C. 1, 2, 5 dan 7
D. 1, 3, 4, dan 7
Jawaban: B. 1, 3, 5, dan 7
Perencanaan disusun untuk memperoleh keberhasilan. Dengan demikian, kemungkinan-kemungkinan kegagalan dapat diantisipasi oleh setiap guru, sehingga, hasilnya pun akan lebih bagus dan optimal. Dengan perencanaan pebelajaran yang matang, seorang pendidik akan paham, tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa, serta strategi apa yang pantas dilakukan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut menunjukkan bahwa manfaat dari perencanaan dalam pembelajaran adalah...
A. Memecahkan masalah
B. Memprediksi keberhasilan
C. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
D. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
Jawaban: B. Memprediksi keberhasilan
Ibu Siti Salihah adalah seorang adalah seorang guru kelas Madrasah Ibtidaiyah. Ibu Siti akan membuat perencanaan pembelajaran kelas 1, yang tahun ajaran baru ini mulai menerapkan kurikulum merdeka. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Siti Salihah yang tepat adalah...
A. Modul ajar, karena pada kurikulum merdeka menggunakan modul ajar.
B. Membuat RPP dan modul ajar
C. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar
D. RPP yang sudah ada saja
Jawaban: C. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar
Berbeda dengan Pak Amirudin, Pak Asep Saepudin, akan membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pak Asep Saepudin, berkonsultasi pada wakil kepala madrasah tentang komponen minimal yang harus ada pada RPP, sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen pada Kurikulum Merdeka. Hasil konsultasi tersebut, Pak Asep Saepudin menyimpulkan bahwa komponen minimal pada RPP yang akan dibuatnya, terdiri dari...
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
Jawaban: C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran)
Pak Amirudin adalah guru kelas X Madrasah Aliyah. Pada tahun ajaran baru ini, Madrasah Aliyah tempat Pak Amirudin bekerja, menerapkan Kurikulum Merdeka. Pak Amin bermaksud membuat perencanaan pembelajaran berupa modul ajar. Pak Amirudin berencana membuat modul ajar yang sederhana, yang memuat komponen utama modul ajar. Maka, komponen modul ajar yang dibuat oleh Pak Amirudin adalah...
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran)
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Jawaban: D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Pak Muhammad Anwar adalah guru Akidah Akhlak di MTs. Pak Muhammad Anwar tahun ajaran baru ini akan mengajar di kelas VII. Sebelumnya, Pak Muhammad Anwar selalu mengajar di kelas IX. Pak Muhammad Anwar akan membuat perencanaan pembelajaran Akidah akhlak agar kegiatan pembelajaran di kelas efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran, sekaligus siswa merasa senang.
1. Mempelajari karakteristik dan kemampuan siswa kelas VII yang baru masuk
2. Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
3. Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
4. Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah ...
A. 4, 2, 1, 3
B. 1, 3, 2, 4
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 1, 3, 4
Jawaban: D. 2, 1, 3, 4
Apabila guru membuat perencanaan yang matang, guru akan dengan mudah mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul. Proses pembelajaran adalah proses yang kompleks dan situasional di mana berbagai kemungkinan bisa terjadi. Membuat perencanaan pembelajaran, berarti juga memprediksi kesulitan yang akan dihadapi siswa dalam menguasai kompetensi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat perencanaan pembelajaran adalah...
A. Memecahkan masalah
B. Memprediksi keberhasilan
C. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar