terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Sandiaga Imbau Wisatawan Tidak Panik soal Potensi Gempa Megathrust - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sandiaga Imbau Wisatawan Tidak Panik soal Potensi Gempa Megathrust
Aug 21st 2024, 10:18, by Gitario Vista Inasis, kumparanTRAVEL

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock

Belakangan ramai soal adanya potensi gempa megathrust di zona megathrust Mentawai-Siberut dan Selat Sunda yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kabar potensi terjadinya gempa besar yang bakal melanda Indonesia itu membuat wisatawan takut untuk berwisata, terlebih di kawasan yang dekat dengan sumber gempa, seperti Selat Sunda dan Mentawai.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengimbau wisatawan untuk tidak panik saat berwisata.

"Intinya, berwisata dengan tentunya mendapatkan informasi terkini, tapi tentunya dengan kewaspadaan," ujar Sandiaga, dalam Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Senin (19/8).

Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (29/1/2024). Foto: Kemenparekraf RI
Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (29/1/2024). Foto: Kemenparekraf RI

Sementara itu, Deputi Bidang Metereologi BMKG, Guswanto, mengatakan wisatawan harus memahami apa itu gempa megathrust terlebih dahulu. Megathrust adalah suatu posisi di mana terjadinya penyusupan lempeng, ada yang naik dan turun.

Posisi penyusupan lempeng ini terjadi di sebelah barat pantai Samudera Hindia, sampai ke Selatan Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Adapun, terdapat delapan segmen di sepanjang jalur tersebut.

Sedangkan, segmen yang saat ini jadi sorotan adalah segmen Mentawai-Siberut, dan segmen Selat Sunda.

"Kenapa itu yang disampaikan? Karena segmen-segmen ini sudah lama terdiam. Jadi, kalau gempa bumi itu semakin dia diam, semakin berbahaya. Kalau dia semakin ada stress release sedikit-sedikit ada gempa di bawah empat, di bawah tiga, itu namanya stress release, jadi energi yang besar jadi tidak terjadi," ujar Guswanto

Tips dari BMKG

Ilustrasi daerah tropis di Indonesia. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi daerah tropis di Indonesia. Foto: Shutter Stock

Guswanto pun membagikan sejumlah tips bagi wisatawan yang ingin berwisata, khususnya daerah-daerah yang dianggap rawan gempa. Pertama-tama, wisatawan diimbau untuk tidak panik dan tetap tenang.

"Yang pertama kita harus tetap tenang dan waspada walaupun ada berita tentang megathrust," katakatanya.

Selanjutnya, wisatawan wajib mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait destinasi yang akan disambangi. Dalam hal ini, Guswanto mengatakan BMKG memiliki kanal atau saluran resmi Info BMKG, yang bisa diakses melalui website dan juga media sosial, seperti Instagram, X, dan lain-lain.

"BMKG memiliki informasi (kebencanaan) di Apps atau mobile phone. Pastikan aplikasi itu ter-instalter-install di HP Anda," katanya.

Ilustrasi aplikasi Info BMKG Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Ilustrasi aplikasi Info BMKG Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Tips berikutnya adalah terkait pemilihan destinasi. Jika memang terpaksa harus berwisata ke daerah yang dekat dengan Selat Sunda, maka kamu harus mempersiapkan mitigasi bencananya dengan baik.

"Kita harus siap-siap mitigasinya, artinya dari sisi kesiapan bagaimana kalau terjadi. Kan gempa ada tiga parameternya, kapan, kedalaman, dan di mana, kalau kekuatan dan letak bisa kita prediksi, namun kapannya ini yang tidak bisa," ujar Guswanto.

Untuk itu, wisatawan diminta agar meningkatkan kesadaran atau awareness, khususnya terhadap gempa yang tidak bisa diprediksi.

"Gempa tidak bisa diprediksi dan kejadiannya cepat, berbeda dengan iklim yang kejadiannya cukup lama, tetapi bisa diprediksi," pungkas Guswanto.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: