terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Baleg DPR Sepakat Pelantikan Pilkada Serentak Bertahap Mulai Februari 2025 - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Baleg DPR Sepakat Pelantikan Pilkada Serentak Bertahap Mulai Februari 2025
Aug 21st 2024, 13:32, by Rini Friastuti, kumparanNEWS

Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi dari PPP memimpin raker revisi UU Pilkada, Rabu (21/9/2024). Foto: Dok Baleg RI
Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi dari PPP memimpin raker revisi UU Pilkada, Rabu (21/9/2024). Foto: Dok Baleg RI

Badan Legislatif DPR menyepakati pelantikan Pilkada 2024 akan dilakukan secara serentak bertahap, mulai bulan Februari 2025. Hal ini disampaikan dalam rapat panja di Gedung Nusantara 1, DPR RI, Senayan, Jakpus, Rabu (21/8).

"Prinsipnya secara bertahap ya, perlu tambahan kalimat di situ. Serentak bertahap mulai Februari 2025," ujar Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi (Awiek) dalam rapat tersebut.

Kesepakatan ini disetujui Kemendagri, Kemenkumham, dan Kemenkeu selaku perwakilan pemerintah yang hadir dalam rapat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro pun menjelaskan perkiraan simulasi mengenai kesepakatan serentak bertahap itu.

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI gelar rapat untuk membahas terkait revisi Undang-Undang (UU) Pemilihan Kepala Daerah pada Rabu (21/8/2024).  Foto: Alya Zahra/Kumparan
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI gelar rapat untuk membahas terkait revisi Undang-Undang (UU) Pemilihan Kepala Daerah pada Rabu (21/8/2024). Foto: Alya Zahra/Kumparan

Dia awalnya menjelaskan, Pilkada akan digelar pada 27 November. Seusainya hasil rekap pemungutan suara akan keluar pada tanggal 16 Desember.

"Kemudian ada tiga hari masa sanggah calon yang mungkin akan menggugat, kemudian ada tiga hari masa perbaikan perkara yang mau diperkarakan sampai 23 [Desember]," ujar Suhajar dalam rapat.

Setelah itu daerah yang tidak memiliki sengketa, bisa mulai melantik kepala daerah mulai 7 Februari 2025.

"Dari [tanggal] 23 KPU masih menunggu surat dari MK, yang memberitahukan mana daerah-daerah yang akan bersengketa, dan itu dalam tahapan peraturan MK, tahapannya di 7 Januari, kita hitung lagi di 7 Januari, MK kirim surat ke KPU, KPU akan sampaikan ke kepada seluruh daerah," kata Suhajar.

"Daerah yang tidak ada sengketa KPU punya waktu 3 hari untuk plenokan hasilnya. Baru sampaikan ke A provinsi kabupaten masing-masing, DPRD perlu tiga hari untuk menyampaikannya. Apabila DPRD nggak proses, akan diambil alih pemerintah. Maka kita perkirakan 7 Februari 2025 pelantikan gubernur serentak dapat dilaksanakan, bupatinya 10 Februari," sambungnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: