terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Benarkah Mandi Air Panas Bisa Turunkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Benarkah Mandi Air Panas Bisa Turunkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli
Sep 29th 2024, 10:31, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Ilustrasi Mandi Air Panas Foto: Shutterstock
Ilustrasi Mandi Air Panas Foto: Shutterstock

Ada kepercayaan di masyarakat bahwa mandi air panas dapat menurunkan kesuburan pria. Konon, air panas bisa bikin kualitas sperma menurun.

Anggapan ini ternyata bukan isapan jempol belaka. Air panas disebut bisa memengaruhi kesuburan pria. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari enam orang di dunia diperkirakan akan mengalami infertilitas atau mandul dalam hidup mereka.

Kesuburan pria dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor yang tak dapat kita kendalikan seperti genetik, dan gaya hidup juga memiliki dampak yang signifikan. Sperma sangat sensitif terhadap panas. Paparan suhu ekstrem yang berkepanjangan atau berulang juga dapat memengaruhi konsentrasi dan motilitas sperma.

"Disarankan agar Anda menghindari mandi air panas untuk memastikan kesehatan sperma tetap optimal. Siklus hidup sperma adalah 90 hari, dan jika skrotum terlalu hangat, motilitas dan bentuk sel sperma dapat terpengaruh secara negatif, sehingga sperma lebih sulit mencapai dan menembus sel telur agar pembuahan alami dapat terjadi," ujar Justin Chu, direktur medis di TFP Oxford Fertility, Inggris, dikutip dari Newsweek.

Kotaro Nakahira, anggota staf Solo Sauna Tune, menggunakan ruang sauna pribadi bergaya Finlandia selama demonstrasi di Tokyo, Jepang. Foto: KIM KYUNG-HOON/REUTERS
Kotaro Nakahira, anggota staf Solo Sauna Tune, menggunakan ruang sauna pribadi bergaya Finlandia selama demonstrasi di Tokyo, Jepang. Foto: KIM KYUNG-HOON/REUTERS

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2007 menemukan pria yang mandi dengan suhu 37 derajat Celcius atau lebih tinggi selama 30 menit dalam seminggu selama periode tiga bulan memiliki motilitas sperma 22 persen lebih rendah.

Studi skala kecil lainnya menunjukkan hasil serupa pada pria yang suka menggunakan sauna jangka panjang, dan duduk dengan laptop hangat di paha atau mengenakan pakaian dalam sangat ketat.

Jadi, berapa suhu air yang optimal untuk mandji jika kamu sedang program kehamilan?

"Mandi dengan air dingin dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma," kata Chu. "Suhu ideal untuk produksi sperma adalah sekitar 34 hingga 35 derajat Celcius, beberapa derajat lebih rendah dari suhu tubuh. OLeh karena itu, sebaiknya Anda mandi dengan suhu yang sama."

Berita baiknya, dampak negatif dari mandi air panas terhadap kualitas sperma ini bersifat sementara.

"Saat mandi dengan suhu yang lebih rendah, produksi sperma akan kembali normal. Meski beberapa penelitian mengatakan butuh waktu sekitar satu minggu bagi sperma untuk kembali ke fungsi normalnya, penelitian lain menunjukkan periode yang lebih lama, sekitar dua bulan. Jangka waktu sebenarnya tidak diketahui dan dapat bergantung pada masing-masing individu," ujar Chu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: