terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Teks Proklamasi untuk Upacara 17 Agustus 2024 - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Teks Proklamasi untuk Upacara 17 Agustus 2024
Aug 17th 2024, 05:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Inna Safa
Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Inna Safa

Pembacaan teks proklamasi untuk upacara Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 menjadi salah satu bagian dari susunan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Untuk itu, dalam rangka pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024, teks proklamasi perlu disiapkan.

Teks Proklamasi untuk Upacara Kemerdekaan Indonesia

 Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Teks proklamasi adalah bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Naskah tersebut dibacakan oleh Ir. Soekarno saat pengumuman kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Selain itu, teks proklamasi juga dibacakan saat upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus. Dikutip dari buku IPS Terpadu : - Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk, (29), berikut adalah isi teks proklamasi untuk upacara kemerdekaan Indonesia.

Isi Teks Proklamasi yang Asli Ditulis oleh Ir. Soekarno

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17-08-05

Wakil2 bangsa Indonesia

Isi Teks Proklamasi yang Baru Diketik oleh Sayuti Melik

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Indonesia

  Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilsutrasi Teks Proklamasi untuk Upacara. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Peristiwa paling bersejarah bagi negara Indonesia ini terjadi usai luluh lantaknya dua kota besar Jepang, Nagasaki dan Hirosima akibat serangan dari tentara Sekutu.

Perwakilan Indonesia, Soekarno, Hatta, dan Radjiman lantas merapat ke Dalat, Vietnam atas undangan dari Jenderal Terauchi yang menjanjikan kemerdekaan pada 24 Agustus 1945.

Setelah informasi tersebut bocor ke golongan muda, Sjahrir lantas mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Mereka lantas menculik dua tokoh proklamator dan juga Ibu Fatmawati ke Rengasdengklok.

Perdebatan pun terjadi antara Golongan Muda dengan Golongan Tua. Hal ini terjadi karena Golongan Muda menginginkan untuk segera merdeka, tetapi Golongan Tua ingin menuruti janji Jepang pada 24 Agustus 1945.

Kesepakatan tercapai setelah Ahmad Soebardjo berjanji bahwa teks proklamasi akan dibacakan pada 17 Agustus 1945. Setelah rumusan naskah proklamasi selesai, Sayuti Melik didaulat untuk mengetik naskah tersebut.

Tepatnya pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, Soekarno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. BM Diah dan Jusuf Ronodipuro menjadi aktor yang menyebarluaskan pengumuman ini melalui radio hingga surat kabar.

Baca Juga: Fakta Peristiwa Rengasdengklok yang Terjadi Menjelang Proklamasi Kemerdekaan

Itulah teks proklamasi untuk upacara kemerdekaan Indonesia. Dengan memahami dan menghayati proklamasi, dapat meneguhkan komitmen kita untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.(Adm)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: