terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apa yang Dimaksud Penyajian Data dengan Diagram Garis? Ini Penjelasannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa yang Dimaksud Penyajian Data dengan Diagram Garis? Ini Penjelasannya
Aug 4th 2024, 17:00, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud penyajian data dengan diagram garis. Sumber: pexels.com
Ilustrasi jelaskan yang dimaksud penyajian data dengan diagram garis. Sumber: pexels.com

Dalam penyajian data, banyak orang yang menyusunnya menjadi sebuah diagram agar lebih mudah dipahami orang awam. Salah satunya adalah menggunakan diagram garis. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang kerap mencari jawaban dari pertanyaan jelaskan yang dimaksud penyajian data dengan diagram garis.

Meski jenis diagram ini familier bagi sebagian besar orang, tetapi ada juga sebagian yang masih bingung tentang cara penyajian data menggunakan diagram garis. Baik itu cara membaca maupun cara membuatnya sesuai dengan data yang tersedia.

Jelaskan yang Dimaksud Penyajian Data dengan Diagram Garis!

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud penyajian data dengan diagram garis. Sumber: pexels.com
Ilustrasi jelaskan yang dimaksud penyajian data dengan diagram garis. Sumber: pexels.com

Penyajian data dengan diagram garis memang menjadi yang paling sering digunakan, baik dalam laporan perusahaan maupun penelitian ilmiah. Hal ini karena diagram garis dapat digunakan untuk menggambarkan data yang bersifat kontinu atau berkesinambungan.

Mengutip dari Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 7, Guryadi dan Suryantoro (2021:329), pengertian diagram garis adalah suatu grafik berupa garis lurus yang menghubungkan titik tengah suatu data dengan data lainnya. Oleh karena itu, pembuatan diagram garis membutuhkan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak lurus.

Adapun cara membuat diagram garis yang benar untuk disimak adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buatlah sumbu mendatar dan sumbu tegak. Umumnya, sumbu mendatar digunakan untuk menunjukkan waktu, sementara sumbu tegak digunakan untuk menunjukkan frekuensi.

  2. Lalu, sesuaikan data pada masing-masing sumbu dari titik data yang menunjukkan waktu, ditarik garis lurus ke atas yang ditarik dari titik bilangan frekuensi. Jika semua data sudah disesuaikan, maka akan muncul sekumpulan titik.

  3. Setelah itu, hubungkan titik tersebut sehingga akan tercipta gambar diagram garis sesuai dengan data yang tersedia.

  4. Jika diagram garis sudah tergambar, silakan beri nomor diagram dan judul diagram garis yang letaknya simetris di atas diagram. Sedangkan di bagian bawah garis tersebut diberi catatan dan sumber data.

Baca Juga: Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang

Itu dia penjelasan singkat tentang penyajian data dengan diagram garis yang sering ditemukan dalam laporan statistik maupun keuangan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca. (Anne)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: