terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Gerakan Peregangan Badan Setelah Bangun Tidur - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Gerakan Peregangan Badan Setelah Bangun Tidur
Aug 9th 2024, 23:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Unsplash/Bruce Mars
Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Unsplash/Bruce Mars

Meregangkan badan setelah bangun tidur disebut dengan menggeliat atau ngulet. Dengan melakukan gerakan ini, bagian tubuh akan terasa lebih segar dan lentur. Badan terasa tidak kaku akibat posisi tidur berjam-jam yang tidak berubah.

Menggeliat atau ngulet merupakan bagian dari gerakan peregangan atau stretching. Gerakan-gerakan ini memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh.

Meregangkan Badan setelah Bangun Tidur Disebut Menggeliat atau Ngulet

Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Unsplash/Anastasia Hisel
Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Unsplash/Anastasia Hisel

Saat bangun tidur, biasanya tubuh akan refleks melakukan berbagai gerakan peregangan. Meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet atau menggeliat. Peregangan ini akan menambah sensasi nyaman dan relaksasi pada tubuh.

Bahasa ilmiah dari peregangan tak sadar yang terjadi saat bangun tidur adalah pandiculation. Gerakan ini adalah respon alami tubuh untuk melepaskan ketegangan pada otot fascia, alias selaput otot yang mengelilingi organ pembuluh darah, tulang, dan syarat.

Sebagai informasi, pandiculation, tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga dilakukan oleh mamalia lainnya. Contoh yang paling sering dijumpai adalah kucing. Saat bangun tidur, kucing pasti akan menggeliat dan meregangkan otot-ototnya.

Manfaat Melakukan Peregangan Tubuh

Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Pixabay/Stocksnap
Ilustrasi meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Sumber: Pixabay/Stocksnap

Berdasarkan buku Stretching, Bob Anderson, (2000), gerakan peregangan otot, atau stretching, adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk meregangkan dan mengencangkan otot-otot tubuh. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan fleksibilitas otot, memperluas rentang gerak sendi, dan menjaga elastisitas otot.

Berikut ini manfaat melakukan gerakan peregangan secara teratur.

  1. Tubuh akan terasa lebih fleksibel. Hal ini penting untuk menjaga rentang gerak sendi serta menghindari kekakuan otot.

  2. Meregangkan otos sebelum beraktivitas fisik akan membantu mengurangi risiko cedera otot.

  3. Gerakan meregangkan otot dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang direntangkan. Membawa nutrisi penting dan oksigen ke sel-sel otot.

  4. Peregangan juga membantu mengurangi ketegangan dan kekakuan otot yang disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, stres, postur tubuh yang buruk, atau aktivitas fisik yang berlebihan.

  5. Meregangkan otot dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Baca juga: 3 Jenis Gerakan Meregangkan Otot dan Manfaatnya bagi Tubuh Manusia

Demikianlah penjelasan tentang meregangkan badan setelah bangun tidur disebut ngulet. Istilah tersebut berasal dari bahasa Jawa. Ngulet di pagi hari akan membuat tubuh lebih nyaman dna bugar. (SASH)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: