terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Mengenal Fitur Anti-Pinch Jendela Mobil, Cegah Jari Terjepit - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Fitur Anti-Pinch Jendela Mobil, Cegah Jari Terjepit
Jun 27th 2024, 06:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Tuas power window, rem parkir elektrik, dan Auto Hold pada konsol tengah mobil listrik Wuling Air ev. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tuas power window, rem parkir elektrik, dan Auto Hold pada konsol tengah mobil listrik Wuling Air ev. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Tak banyak yang tahu pabrikan otomotif rupanya melengkapi produk mobilnya dengan fitur window anti-pinch. Sesuai namanya, dengan adanya ini bisa mencegah anggota tubuh cedera fatal dari gerakan menutup jendela secara otomatis.

Pakar Desain Produk dan Pengamat Otomotif Institut Teknologi Bandung Yannes Martinus Pasaribu menjelaskan, fungsi anti-pinch pada jendela mobil adalah fitur keselamatan yang dirancang untuk mencegah cedera akibat terjepit jendela.

"Biasanya terdapat pada power window dan bekerja dengan mendeteksi adanya hambatan saat jendela sedang menutup. Fitur ini sangat penting dan bermanfaat pada jendela mobil demi menghindarkan kecelakaan akibat adanya bagian tubuh manusia yang terjepit jendela mobil saat ditutup," buka Martinus saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.

Terlebih, fitur keselamatan ini sangat cocok terutama bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak. Sehingga sebelum membeli mobil wajib mengecek apakah sudah memiliki anti-pinch pada jendela elektriknya.

Lebih lanjut, Martinus menjelaskan torsi power window mobil dapat bervariasi antara 10 Nm hingga 20 Nm. Torsi tersebut cukup kuat untuk menyebabkan cedera serius jika jari atau bagian tubuh lain terjepit di antara kaca jendela dan bingkainya.

"Tanpa fitur anti-pinch, jendela akan terus menutup meskipun ada hambatan, dan tekanan yang dihasilkan oleh torsi power window dapat menyebabkan memar, patah tulang, atau bahkan amputasi dalam kasus yang ekstrem," jelasnya

Ilustrasi power window mobil Foto: dok. Istimewa
Ilustrasi power window mobil Foto: dok. Istimewa

"Anak-anak sangat rentan terhadap cedera semacam ini karena mereka mungkin tidak memiliki kekuatan atau reaksi yang cukup cepat untuk melepaskan diri saat terjepit," imbuhnya.

Fitur anti-pinch pada power window mobil mulai diperkenalkan secara luas pada pertengahan hingga akhir tahun 2000-an pada beberapa mobil premium. Jadi mobil-mobil yang diproduksi sebelum tahun 2000-an kemungkinan besar tidak memiliki fitur anti-pinch pada power window-nya.

"Secara teknis, menambahkan fitur anti-pinch pada power window mobil yang diproduksi pada awal tahun 2000-an mungkin saja dilakukan. Walau tidak praktis atau hemat biaya, namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman untuk itu," tuntas Martinus.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: